HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN


Rini , 1301415004 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNGGAL CIPTA MANISRENGGO KLATEN) - Published Version
Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku membolos yang terjadi dikalangan siswa SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Klaten. Melalui studi pendahuluan yang dilakukan dengan wawancara Guru BK SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Klaten bahwa masih sering terdapat siswa yang melakukan perilaku membolos. Disisi lain, siswa berada masa tahap perkembangan remaja yang memiliki kontrol diri yang kurang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran keluarga dan kontrol diri dengan perilaku membolos pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 85 siswa yang tersebar di kelas X dan XI. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala peran keluarga, skala kontrol diri, dan Skala perilaku membolos yang masing-masing reliabilitasnya 0,822, 0,854, dan 0,873. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, serta analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara peran keluarga dengan perilaku membolos pada siswa SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Klaten (p=0,047, ß=0,208) (2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku membolos siswa SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Klaten (p=0,005, ß= -0,298) (3) Ada hubungan yang signifikan antara peran keluarga dan kontrol diri dengan perilaku membolos siswa SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Klaten dengan (p=0,003, R=0,360, F=6,087). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah peran keluarga maka semakin rendah perilaku membolos siswa, semakin tinggi kontrol diri siswa maka semakin rendah perilaku membolos siswa, dan semakin tinggi peran keluarga dan kontrol diri siswa maka semakin rendah perilaku membolos siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru BK untuk dapat bekerja sama dengan pihak keluarga dan pihak sekolah dengan memantau perkembangan siswa baik tingkah laku selama berada pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Guru BK juga dapat memberikan sosialisasi terhadap orangtua berkaitan dengan peningkatan peran keluarga terhadap perkembangan siswa kemudian guru BK dapat memberikan layanan berupa bimbingan kelompok, konseling kelompok, maupun layanan klasikal untuk memberikan pemahaman terkait dengan dampak dari perilaku membolos, dan juga peningkatan kontrol diri sebagai upaya meminimalkan keikutsertaan siswa dalam melakukan perilaku membolos.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontrol diri; peran keluarga; perilaku membolos
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:20
Last Modified: 31 Dec 2019 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34216

Actions (login required)

View Item View Item