STUDI KONSENTRASI TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) DI PERAIRAN PESISIR SEL SEDIMEN MUARA SUNGAI BODRI – BANJIR KANAL TIMUR MENGGUNAKAN PENGINDERAAN JAUH


Alfa Husnul Elwafa , 3211414041 (2019) STUDI KONSENTRASI TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) DI PERAIRAN PESISIR SEL SEDIMEN MUARA SUNGAI BODRI – BANJIR KANAL TIMUR MENGGUNAKAN PENGINDERAAN JAUH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211414041maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini kualitas perairan di perairan pesisir utara Jawa Tengah sudah dalam status tercemar dalam tingkat sedang hingga berat. Upaya pemantauan kualitas air sebagai tahap awal dalam mengevaluasi kondisi sedimentasi yang terlarut dalam air dapat dilakukan melalui kajian Total Suspended Solid (TSS) menggunakan teknologi citra penginderaan jauh. TSS adalah bahan tersuspensi (diameter > 1 μm) yang tertahan pada saringan miliopore dengan diameter pori 0.45 μm. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui algortima empiris yang sesuai untuk mengestimasi konsentrasi Total Suspended Solid (TSS) di perairan pesisir Sel Sedimen Muara Sungai Bodri – Banjir Kanal Timur. 2) Mengkaji sebaran konsentrasi TSS di perairan pesisir Sel Sedimen Muara Sungai Bodri – Banjir Kanal Timur. 3) Mengetahui tingkat pencemaran dan wilayah peruntukkan di perairan pesisir Sel Sedimen Muara Sungai Bodri –Banjir Kanal Timur berdasarkan nilai TSS. Penelitian ini dilakukan menggunakan data citra Landsat 8 akuisisi tanggal 9 Agustus 2018. Unit analisis dibatasi hingga radius 12 mil laut dari garis pantai. Nilai konsentrasi TSS diperoleh dari uji regresi linier algoritma Nurhayati, Budhiman, Parwati dan Doxaran. Dari keempat algoritma tersebut akan dipilih algoritma yang paling sesuai dengan kondisi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Algoritma empiris yang sesuai untuk mengestimasi konsentrasi TSS adalah algoritma Doxaran dengan persamaan TSS = 1,0248x – 10,503 . 2) Sebaran TSS dipengaruhi oleh pergerakan arus yang digerakkan oleh arah angin kearah sisi barat dan barat daya dan sebagian terkumpul pada sisi muara sel sedimen bagian barat. 3) Kelas pencemaran didominasi oleh kelas belum tercemar (370,21 Km2) dan tercemar ringan (364,57 Km2), wilayah peruntukkan didominasi oleh wilayah budidiaya perikanan, taman laut dan konservasi (370,21 Km2) dan pariwisata dan rekreasi (261,90 Km2). Saran yang didapat dari penelitian ini antara lain: 1) Penelitian pada lokasi yang berbeda agar menggunakan rumus algoritma yang sudah teruji pada lokasi tersebut. 2) Pengambilan sampel air disarankan tersebar secara lebih merata pada waktu yang sama. 3) Penggunaan band yang sesuai karakteristik lapangan agar menghasilkan estimasi yang lebih tepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, TSS, sel sedimen, muara sungai Bodri, Banjir Kanal Timur, penginderaan jauh
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 20:00
Last Modified: 30 Dec 2019 20:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34200

Actions (login required)

View Item View Item