Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIIIA MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan Teknik Membuat Kerangka tulisan Berdasarkan Media Cerita Bergambar


Nur Khoimah , 2101407136 (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIIIA MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan Teknik Membuat Kerangka tulisan Berdasarkan Media Cerita Bergambar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIIIA MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan Teknik Membuat Kerangka tulisan Berdasarkan Media Cerita Bergambar]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIIIA MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan Teknik Membuat Kerangka tulisan Berdasarkan Media Cerita Bergambar) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis sastra merupakan kegiatan menulis kreatif. Termasuk dalam kegiatan menulis sastra adalah menulis naskah drama. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIIIA MTs Ma‟arif NU 1 Jatilawang diketahui bahwa kemampuan siswa menulis naskah drama masih kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal antara lain karena waktu yang terlalu singkat habis hanya untuk memunculkan ide cerita dan kesulitan dalam menyusun dialog antartokoh. Faktor eksternal antara lain karena kurang bervariasinya media dan teknik yang digunakan sehingga membuat siswa merasa bosan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan media cerita bergambar dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik kerangka tulisan berdasarkan media cerita bergambar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi kedua rumusan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIIIA MTs Ma‟arif NU 1 Jatilawang, yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel kemampuan menulis naskah drama dan penggunaan teknik kerangka tulisan berdasarkan media cerita bergambar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil kemampuan siswa dalam menulis naskah drama, sedangkan teknik nontes berupa hasil observasi, catatan harian siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Sementara teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dan mencapai target nilai rata-rata minimal yang ditentukan, yaitu sebesar 70. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 6,6 dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68,6, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 75,2. Peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi lebih tertarik, lebih aktif, dan lebih semangat mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik kerangka tulisan dengan media cerita bergambar. Simpulan yang dapat diambil adalah adanya peningkatan hasil tes dan perubahan tingkah laku siswa kelas VIIIA MTs Ma‟arif NU 1 Jatilawang setelah mengikuti proses pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik kerangka tulisan berdasarkan media cerita bergambar. Berdasarkan hal tersebut, saran yang dapat diberikan peneliti kepada guru adalah agar menggunakan teknik kerangka tulisan dan media cerita bergambar pada pembelajaran menulis naskah drama. Bagi peneliti khususnya yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia dapat melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai kemampuan menulis naskah drama agar dapat mengembangkan khasanah ilmu sastra dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, naskah drama, kerangka tulisan, dan media cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Aug 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item