PERKEMBANGAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN TEGALSARI KOTA TEGAL (TAHUN 2007-2017)


Timami Sabila , 3211414018 (2019) PERKEMBANGAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN TEGALSARI KOTA TEGAL (TAHUN 2007-2017). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211414018maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelurahan Tegalsari merupakan wilayah pesisir Kota Tegal dan mempunyai luasan Kawasan kumuh yang terbilang tinggi di Kota Tegal yaitu 31,43 Ha. Dalam perkembangannya, permukiman kumuh di Kelurahan Tegalsari terjadi akibat proses pemadatan, penuaan, dan inudasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perkembangan persebaran permukiman kumuh di Kelurahan Tegalsari tahun 2007-2017. (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi munculnya permukiman kumuh di Kelurahan Tegalsari. Penelitian ini berlokasi di RW 01,02,03,09, dan 03A Kelurahan Tegalsari Kota Tegal dengan jumlah populasi 3.166 KK. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 44 KK yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportional random sampling. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, antara lain: 1) perkembangan permukiman kumuh (slum area) dan 2) faktor penyebab munculnya permukiman kumuh. Dalam penelitian ini terdapat beberapa Teknik pengumpulan data, antara lain metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan interpretasi citra satelit. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis proses keruangan. Hasil penelitian menunjukkan proses perkembangan permukiman kumuh di RW 01,02,03,09 dan 03A adalah perkembangan spasial sentripetal secara horizontal yang berarti adalah proses penambahan bangunan-bangunan yang terjadi di bagian dalam kota dan pada daerah penelitian termasuk dalam proses pengisian ruang-ruang pada lahan yang kosong dengan membangun rumah untuk dijadikan tempat tinggal. Sedangkan faktor yang mempengaruhi munculnya permukiman kumuh di daerah penelitian adalah faktor ekonomi, faktor bencana (rob), dan faktor psikologis (kenyamanan dan perasaan aman), dan faktor sarana dan prasarana umum Saran untuk masyarakat agar lebih bisa menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada di lingkungan sekitar karena pada dasarnya pemerintah hanya memfasilitasi apa yang kurang dan dibutuhkan kerjasama dengan masyarakat agar tercipta lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Permukiman, Permukiman Kumuh, Faktor Penyebab Munculnya Permukiman Kumuh
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:51
Last Modified: 30 Dec 2019 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34198

Actions (login required)

View Item View Item