IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HAMBATAN GURU IPS DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMP (STUDI DI BEBERAPA SMP NEGERI KOTA SURAKARTA)


Afifatul Jannah , 3601415048 (2019) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HAMBATAN GURU IPS DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMP (STUDI DI BEBERAPA SMP NEGERI KOTA SURAKARTA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3601415048maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Standar Proses Kurikulum 2013 adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan. Standar Penilaian Kurikulum 2013 merupakan kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar penilaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru IPS dalam implementasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013 di SMP beserta faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di tiga SMP Negeri Kota Surakarta yang meliputi SMP Negeri 4 Surakarta, SMP Negeri 11 Surakarta, dan SMP Negeri 25 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri dari guru IPS sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Sumber data lain yaitu profil sekolah dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menguji kebenaran. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis model yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hambatan yang dialami guru IPS dalam implementasi standar proses kurikulum 2013 yaitu perhitungan minggu dan jam efektif, menganalisis silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, mengelola alokasi waktu pembelajaran, mengelola rombongan belajar, menggunakan buku teks pelajaran, mengelola kelas, serta dalam kegiatan pembelajaran. (2) Faktor penyebab hambatan dalam implementasi standar penilaian kurikulum 2013 meliputi faktor intern yang berupa kesiapan guru IPS dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan faktor ekstern yang terkait dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013 yang ditentukan pemerintah. (3) Hambatan yang dialami guru IPS dalam impelementasi standar penilain kurikulum 2013 yaitu persiapan penilaian, perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan nilai. (4) Faktor penyebab hambatan dalam implementasi standar penilaian kurikulum 2013 meliputi faktor intern yang berupa kesiapan guru IPS dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dan faktor ekstern yang berupa mekanisme penilaian dalam kurikulum 2013. Pemerintah dan sekolah diharapkan selalu mengontrol dan mengawasi pelaksanaan kurikulum 2013. Selain itu, terkait dengan sarana dan prasarana penunjang harus dilakukan pengadaaan. Guru perlu peningkatan kompetensi dasar seorang guru sehingga dapat menguasai tuntutan dalam kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru IPS, Hambatan, Implementasi, Kurikulum 2013, Standar Penilaian, dan Standar Proses.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:29
Last Modified: 30 Dec 2019 19:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item View Item