KONTRIBUSI PT. RUMPUN SARI MEDINI TERHADAP PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA BAGI MASYARAKAT DESA NGESREPBALONG KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL


Avi Sofi Arina Rochil , 3211412060 (2019) KONTRIBUSI PT. RUMPUN SARI MEDINI TERHADAP PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA BAGI MASYARAKAT DESA NGESREPBALONG KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211412060maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi oleh perkebunan teh dewasa ini adalah ketersediaan tenaga kerja yang cenderung berfluktuasi dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat dengan sektor lain yang membutuhkan tenaga kerja lebih banyak.. Peran perkebunan teh diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat untuk mendapatkan manfaat dari perusahaan berupa penghasilan dan pekerjaan untuk menopang kehidupan serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi PT. Rumpun Sari Medini terhadap pendapatan masyarakat Desa Ngesrepbalong dan untuk mengetahui persentase penyerapan tenaga kerja oleh PT. Rumpun Sari Medini terhadap angkatan kerja di Desa Ngesrepbalong. Variabel dalam penelitian ini yaitu kontribusi PT. Rumpun Sari Medini dan pendapatan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pendapatan rumah tangga dan penyerapan tenaga kerja diolah dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Total Pendapatan rumah tangga Rata-rata pegawai secara keseluruhan adalah Rp.2.843.501 dan rata-rata Total pendapatan pegawai dari perusahaan sebesar Rp.1.495.588, jika dihitung menggunakan rumus diatas maka didapatkan besar kontribusi perusahaan terhadap pendapatan masyarakat sebesar 52%. Jumlah ini masuk kategori sedang untuk tingkat pendapatan karena meskipun banyaknya masyarakat yang bekerja disana dominan adalah sebagai Pegawai Harian Lepas, dan 29 dari 51 responden mendapat pemasukan tambahan dari pasangan kemudian 13 dari 51 responden memiliki pekerjaan sampingan. Saran yang dapat diberikan adalah: 1) Perlu adanya metode lain untuk menghitung besarnya kontribusi perusahaan terhadap pendapatan masyarakat untuk memperoleh hasil yang lebih akurat. Selain itu perlu adanya suatu upaya untuk meningkatkan kontribusi perusahaan terhadap pendapatan masyarakat agar masyarakat desa Ngesrepbalong tidak bekerja di luar desa sehingga penyerapan tenaga kerja maksimal. 2) Perlu adanya tindakan yang melibatkan pihak perusahaan dan pemerintah daerah seperti pihak kelurahan ataupun pihak kecamatan agar penyerapan tenaga kerja bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Perusahaan, Pendapatan Tenaga Kerja, Penyerapan Tenaga Kerja
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:17
Last Modified: 30 Dec 2019 19:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item