UPAYA GURU IPS SMP NEGERI 2 SEMARANG DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK


Fani Restia Rani , 3601415022 (2019) UPAYA GURU IPS SMP NEGERI 2 SEMARANG DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3601415022maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dalam pendidikan di sekolah peserta didik masih menemui kesulitan dalam belajar sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru sebagai seorang pendidik mempunyai peran penting dalam mengatasi hal tersebut, adalah guru IPS SMP Negeri 2 Semarang yang ingin penulis ketahui tentang upaya dalam mengatasi kesulitan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kendala yang dihadapi peserta didik dalam menerima mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Semarang, mendeskripsikan upaya guru IPS SMP Negeri 2 Semarang dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan menganalisis hambatan guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan melalui triangulasi sumber, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data milik Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, data display dan conclusing drawing. Hasil dari penelitian tersebut diperoleh data berupa kesulitan belajar peserta didik yaitu intelegensi peserta didik, motivasi belajar, keadaan keluarga, adanya sistem zonasi, materi IPS yang luas, ketidaksesuaian lulusan dan suasana kelas yang panas pada siang hari. Upaya guru IPS SMP Negeri 2 Semarang dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik berupa perencanaan pembelajaran, pretest, variasi metode pembelajaran, variasi media pembelajaran, pemberian motivasi dan ice breaking, tugas yang mengasah aktifan dan kreativitas peserta didik, meningkatkan kompetensi, pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dan mengadakan evaluasi. Kendala guru IPS dalam megatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu rusaknya beberapa fasilitas di dalam kelas, perbedaan pendapat dalam kelompok diskusi sulit mengawasi penggunaan internet dan persebaran wifi yang tidak merata. Upaya guru IPS SMP Negeri 2 Semarang dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik merupakan hal yang patut dicontoh oleh guru-guru lain, jika hal tersebut dikembangkan lagi maka akan jauh lebih baik dan manfaatnya jauh lebih bisa dirasakan oleh berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Peserta Didik, Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:12
Last Modified: 30 Dec 2019 19:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34181

Actions (login required)

View Item View Item