Efektivitas Layanan Informasi dalam Bimbingan Karier terhadap Kesiapan Kerja ditinjau dari Aspek Psikologis pada Siswa Kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006.


Nur Khayati, 1301401037 (2006) Efektivitas Layanan Informasi dalam Bimbingan Karier terhadap Kesiapan Kerja ditinjau dari Aspek Psikologis pada Siswa Kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Informasi dalam Bimbingan Karier terhadap Kesiapan Kerja ditinjau dari Aspek Psikologis pada Siswa Kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006.]
Preview
PDF (Efektivitas Layanan Informasi dalam Bimbingan Karier terhadap Kesiapan Kerja ditinjau dari Aspek Psikologis pada Siswa Kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006.) - Published Version
Download (77kB) | Preview

Abstract

Layanan informasi bimbingan karier diberikan untuk membantu siswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang karier atau pekerjaan yang akan dimasuki agar siswa tidak bingung dalam merencanakan masa depannya setelah tamat sekolah. Untuk memasuki dunia kerja diperlukan suatu kesiapan diri salah satunya yaitu kesiapan diri secara psikologis yang meliputi minat, nilai kehidupan, sikap, prestasi, hobi/ kegemaran, cita-cita, keterampilan dan lain sebagainya supaya siswa dapat memahami dan mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan uraian tersebut masalah yang dirumuskan yaitu “apakah layanan informasi dalam bimbingan karier efektif dalam meningkatkan kesiapan kerja ditinjau dari aspek psikologis pada siswa kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006”. Tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi dalam bimbingan karier dalam meningkatkan kesiapan kerja ditinjau dari aspek psikologis pada siswa kelas III SMK Bhakti Praja Margasari, Tegal Tahun Pelajaran 2005/ 2006 Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas III SMK sejumlah 95 siswa. Sedangkan sampel yang diambil adalah kelas III Akuntansi sejumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sempel One Stage Cluster Sampling yaitu pengambilan sebuah sampel dari kelompok-kelompok kecil. Teknik eksperimen yang digunakan yaitu pre eksperimen dengan desain penelitian Pre-test and Post-test One Group Design. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kesiapan kerja secara psikologis. Sedangkan analisis yang digunakan dengan analisis deskriptif persentase dan analisis kuntitatif dengan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan kerja secara psikologis pada siswa kelas III Akuntansi mulanya dengan kategori sedang dan setelah memperoleh layanan informasi bimbingan karier mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi. Dari hasil analisis deskriptif persentase sebesar 62,7% dengan kategori sedang setelah diberi treatment mengalami peningkatan sebesar 16,5% sehingga menjadi 79,2% dengan kategori tinggi. Sedangkan dari hasil t-test t hitung sebesar 19,79 dengan t tabel 2,03, hal itu berarti t hitung > t tabel untuk taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi dalam bimbingan karier efektif dalam meningkatkan kesiapan kerja secara psikologis. Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis dapat mengajukan saran (a) kepala sekolah dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan atau lembaga dalam program pendidikan sistem ganda (b) guru pembimbing dapat menyampaikan informasi karier dengan metode beserta media yang dibutuhkan. (c) Siswa dapat memanfaatkan layanan informasi dalam bimbingan karier dengan baik dalam menyiapkan diri supaya dapat memasuki dunia kerja sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 02:15
Last Modified: 16 Aug 2011 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item