INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT JAWA DI DAERAH TRANSMIGRASI (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Desa Braja Fajar Kecamatan Way Jepara Lampung Timur)


Siskana Ningrum , 3601415018 (2019) INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT JAWA DI DAERAH TRANSMIGRASI (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Desa Braja Fajar Kecamatan Way Jepara Lampung Timur). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3601415018maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Braja Fajar merupakan masyarakat transmigrasi yang terjadi pada tahun 1961 dan 1963 akibat dari letusan Gunung Merapi dan Gunung Agung. Masyarakat Desa Braja Fajar adalah masyarakat yang multikultural yang terdiri dari dua suku, yaitu suku Jawa dan suku Bali. Keadaan masyarakat yang multikultural ini mengharuskan adanya interaksi sosial terhadap lingkungan masyarakat yang dapat membentuk suatu proses enkulturasi budaya terhadap kebudayaan pada masyarakat Jawa sebagai upaya melestarikan nilai-nilai kebudayaan Jawa yang ada di Desa Braja Fajar, serta sebagai wadah bagi seorang individu sebagai anggota masyarakat untuk dapat belajar dan memahami nilai dan norma yang berkembang di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi interaksi sosial pada masyarakat Desa Braja Fajar dan peran lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga nilai budaya Jawa tetap berkembang di lingkungan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Braja Fajar yang dianggap mampu memberikan data berupa informasi yang dapat dipercaya. Penentuan informan menggunakan teknik purposive dan snowball. Tekni pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis yang bersifat induktif. Simpulan dari penelitian ini adalah proses interaksi sosial dapat dijadikan wadah bagi masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan. Sehingga dapat tetap melestarikan nilai-nilai budaya Jawa di daerah trasmigrasi. Proses interaksi sosial ini dapat terinternalisasi dengan enkulturasi budaya sebagai upaya individu dalam beradaptasi dengan lingkungan alam dan lingkungan masyarakat di daerah transmigrasi. Dengan interaksi sosial seorang individu dapat menjalin kerja sama dengan individu lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menjalin komunikasi yang baik antar individu maupun kelompok. Sehingga proses enkulturasi dapat berjalan dengan baik dan individu sebagai anggota kelompok masyarakat dapat menjalankan perannya dengan baik dan dapat berpikir kritis dalam memahami masalah sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat dimana individu tersebut tinggal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Masyarakat Jawa, Transmigrasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:02
Last Modified: 30 Dec 2019 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34175

Actions (login required)

View Item View Item