Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006.


Isyana Riya Umami, 1301401035 (2006) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006.]
Preview
PDF (Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006.) - Published Version
Download (339kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyimpang merupakan salah satu masalah yang perlu pemecahan bagi semua orang. Karena jika tidak diminimalkan, akan berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan seseorang. Untuk mengurangi perilaku menyimpang tersebut dapat digunakan beberapa cara yang efektif, salah satunya adalah melalui bimbingan kelompok. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku menyimpang siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang tahun 2005/2006? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku menyimpang siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang tahun 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah siswa Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006 yang berjumlah 41. Pengambilan sampel yang berjumlah 15 siswa dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik nonparametrik yaitu berupa uji Wilcoxon dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku menyimpang siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok (pre test) termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 57.17% dan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok (post test), skor perilaku menyimpang siswa berkurang menjadi 41.58% dan berada pada kategori rendah. Hasil observasi selama 10 hari menunjukkan adanya penurunan tingkat perilaku menyimpang siswa yang sebelum mendapatkan perlakuan rata-rata penyimpangannya 113 kali siswa dan sesudah perlakuan rataratanya menjadi 49 kali. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z hitung (3.408) > Z tabel (1.96). Hasil ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku menyimpang siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang Tahun 2005/2006. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku menyimpang siswa di Panti Pamardi Putera Mandiri Semarang tahun 2005/2006. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut diharapkan para Pembimbing di Panti Pamardi Putera Mandiri melaksanakan bimbingan kelompok dengan baik sehingga siswa yang sering berperilaku menyimpang dapat memperbaiki perilakunya dan pada akhirnya tidak ada siswa yang berperilaku menyimpang lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 02:02
Last Modified: 16 Aug 2011 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item