ANALISIS HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA PENDUDUK LOKAL DAN PENDUDUK PENDATANG DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2018


Susi Hartati , 3601414005 (2019) ANALISIS HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA PENDUDUK LOKAL DAN PENDUDUK PENDATANG DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3601414005maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial antara penduduk lokal dan penduduk pendatang di Kelurahan Sekaran merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Sebagai masyarakat yang memiliki struktur sosial, latar belakang budaya serta kepentingan yang berbeda terintegrasi dalam suatu kumpulan masyarakat yang dinamis di Kelurahan Sekaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pola interaksi penduduk lokal dan penduduk pendatang di Kelurahan Sekaran; 2) menganalisis bentuk interaksi penduduk lokal dan penduduk pendatang Kelurahan Sekaran dalam membangun toleransi antar sosial-budaya; 3) menggambarkan dampak�dampak yang terjadi setelah banyaknya penduduk pendatang di Kelurahan Sekaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian meliputi penduduk lokal dan penduduk pendatang yang menempati Kelurahan Sekara. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial antara penduduk lokal dan penduduk pendatang di Kelurahan Sekaran berjalan positif bahkan mengarah kerjasama atau assosiatif. Sebagian besar penduduk pendatang yang telah menetap di Kelurahan Sekaran mampu beradaptasi dan berbaur dengan penduduk lokal. Masyarakat memiliki cara tersendiri untuk saling berbaur antara satu dengan yang lain yaitu dengan cara mengadakan forum kegiatan seperti pengajian rutin, kerja bakti membersihkan selokan, saling membantu saat warga sedang dalam kesusahan, dan kumpulan ibu-ibu PKK. Sedangkan antara penduduk lokal dengan penduduk pendatang yang tidak menetap di Kelurahan Sekaran masih terjalin interaksi yang cukup baik walau tidak berjalan secara intensif. Interaksi sosial yang mengarah ke negatif seperti pertentangan dan konflik belum pernah terjadi di Kelurahan Sekaran. Namun, beberapa dampak negatif seperti kriminalitas muncul di Kelurahan Sekaran sebagai dampak dari beranekaragamnya struktur masyarakat. Saran, sebagai masyarakat yang memiliki struktur masyarakat yang berbeda-beda perlu adanya sikap toleransi yang positif antara satu warga dengan warga yang lain. Hal ini untuk selalu menjaga kerukunan dan kenyamanan bersama dan menghindari terpecah-belahnya suatu kelompok masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Penduduk Lokal dan Pendatang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:42
Last Modified: 30 Dec 2019 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34164

Actions (login required)

View Item View Item