SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI KUPHORO WEKI ( KUMPUL KELUARGA ) PADA MASYARAKAT DESA KOMODO KABUPATEN MANGGARAI BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR


Aminah Yusuf , 3401415084 (2019) SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI KUPHORO WEKI ( KUMPUL KELUARGA ) PADA MASYARAKAT DESA KOMODO KABUPATEN MANGGARAI BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415084maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (860kB) | Preview

Abstract

Tradisi Kuphoro Weki merupakan budaya kerja sama dan tolong menolong yang ada dalam kehidupan Desa Komodo sejak dahulu sampai sekarang, yakni budaya kerja sama dalam menanggung dan mengumpulkan materi baik dalam bentuk uang maupun hewan tergantuk bentuk tradisi tersebut.. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui proses pelaksanaan Tradisi Kuphoro Weki di Desa Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur 2) Mengetahui bentuk-bentuk solidaritas yang terbangun dalam Tradisi Kuphoro Weki pada Masyarakat Desa Komodo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur 3) mengetahui fungsi solidaritas pada masyarakat Desa Komodo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian ini adalah Kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Desa Komodo, Kabupaten Manggarai Barat NTT karena Desa ini menjadi desa percontohan adanya Tradisi Kuphoro Weki. Subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat Desa Komodo, Ketua Adat, Tokoh Masyarakat, Penyelenggara hajatan. Uji validitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Konsep yang digunakan yaitu Konsep Solidaritas Emile Durkheim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Tradisi Kuphoro Weki di Desa Komodo dilaksanakan dengan beberapa persiapan yaitu mengundang kerabat terdekat, menentukan hari, tempat pelaksanaan dan pembuatan kue dengan tujuan Tradisi Kuphoro Weki yaitu membantu masyarakat yang melakukan hajatan 2) bentuk-bentuk Tradisi Kuphoro Weki yang ada dalam masyarakat yaitu perkawinan, kematian, kuliah, musibah 3) fungsi solidaritas sosial yang ada di Desa Komodo yaitu Menjaga solidaritas masyarakat, kerukunan, keihklasan, terpenuhi kebutuhan fisik dan Non Fisik. Saran yang bisa diberikan untuk penelitian ini adalah: 1) Kepada pemerintah Desa Komodo, penting kiranya bagi pemerintah untuk mendukung segala bentuk upaya masyarakat dalam mempertahankan nilai-nilai budaya maupun kearifan lokal masyarakat yang dijadikan sebagai pandangan hidup 2) Tradisi Kuphoro Weki hendaknya selalu dilestarikan. Karena merupakan bentuk kearifan lokal yang memiliki nilai-nilai sosial dan filosofi yang patut untuk dipertahankan. Masyarakat desa Komodo hendaknya semakin menanamkan nilai penting Tradisi Kuphoro Weki untuk generasi muda desa komodo, sehingga keberadaan Tradisi Kuphoro Weki dikemudian hari masih bisa dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desa Komodo, Solidaritas, Tradisi Kuphoro Weki
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:38
Last Modified: 30 Dec 2019 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34161

Actions (login required)

View Item View Item