PENGEMBANGAN USAHA JAMU RUMAH TANGGA: Studi Kasus pada Masyarakat Dusun Sumbersari, Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang SKRIPSI


Ilham Rahmatullah, 3401415081 (2019) PENGEMBANGAN USAHA JAMU RUMAH TANGGA: Studi Kasus pada Masyarakat Dusun Sumbersari, Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang SKRIPSI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415081maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (785kB) | Preview

Abstract

Usaha rumah tangga diartikan sebagai usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dilakukan oleh orang perseorangan yang bukan merupakan anak perusahaan yang dikuasai usaha menengah ataupun besar. Salah satu usaha rumah tangga yang ada di Kota Semarang adalah usaha jamu di Dusun Sumbersari Kelurahan Wonolopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui upaya yang digunakan para penjual jamu, 2) Mengetahui peran pemerintah dalam mengembangkan usaha jamu rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Ekonomi Rasional dari James C. Scott, Ekonomi Rasional dari Samuel Popkin, dan Govenrmentality dari Michel Foucauit. Upaya ekonomi moral adalah pembentukan paguyuban penjual jamu Sumber Husodo, adanya program simpan pinjam, melatih tenaga kerja untuk membuat usaha jamu rumah tangga sendiri, pembagian wilayah berjualan, menolak untuk berjulan jamu secara online, dan juga Penentuan Penjual Jamu yang Berhak Mengikuti Acara Bazar. Upaya ekonomi rasional adalah menggunakan tenaga kerja yang merupakan anggota keluarga sendiri, pembagian tugas berdasarkan jenis kelamin, mengurangi empon-empon saat harganya naik, menggunakan penggiling daging atau blander untuk mempercepat produksi, menggunakan kendaraan bermotor saaat berjualan dengan alasan efisiensi, dan juga menggunakan harga yang berbeda saat berjualan di wilayah perumahan dan perkampungan. Bantuan-bantuan pemerintah berupa kebijakan penetapan Dusun Sumbersari sebagai Kampung Tematik Jamu, melakukan pelatihan-pelatihan kepada penjual jamu, dan juga pemberian dan memperbaiki prasarana Kampung Jamu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usaha Rumah Tangga, Jamu Tradisional
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:33
Last Modified: 30 Dec 2019 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34157

Actions (login required)

View Item View Item