PERANAN PROGRAM PHBM (PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT HUTAN DESA KALIMENDONG KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO


Avionita Wirasanti , 3211412006 (2019) PERANAN PROGRAM PHBM (PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT HUTAN DESA KALIMENDONG KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211412006maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) merupakan bentuk kegiatan pengelolaan sumber daya hutan yang dilakukan secara bersama – sama antara Perhutani dengan masyarakat masyarakat di Desa Kalimendong. Program PHBM yang sudah dilaksanakan, memiliki pengaruh dalam kehidupan anggota kelompok tani yang mengikuti program, yaitu dari segi pendapatan. Maka dari itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti program PHBM, (2) Mengetahui tingkat pendapatan masyarakat di Desa Kalimendong, dan (3) Mengetahui hubungan antara partisipasi masyarakat dalam mengikuti program PHBM dengan tingkat pendapatan masyarakat Desa Kalimendong. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriprtif kuantitatif dan analisis data statitik untuk melihat hubungan antara partisipasi masyarakat dengan pendapatan dalam mengikuti program PHBM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan para Petani Hutan yang sudah mengikuti program PHBM di Desa Kalimendong. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Responden yang di ambil adalah masyarakat Desa Kalimendong yang mengikuti Program PHBM dan menjadi anggota dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Mulya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui tingkat partisipasi masyarakat dalam program PHBM masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai persentase sebesar 65,47%. Sedangkan tingkat pendapatan masyarakat petani peserta program PHBM masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai persentase sebesar 31.06%. Hal tersebut sesuai dengan kondisi dilapangan dimana, sistem pembinaan dari pihak Perhutani maupun dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan RIMBA MULYA yang sering melibatkan petani dalam berbagai kegiatannya. Sedangkan untuk tingkat pendapatan dipengaruhi oleh luas lahan yang dimiliki oleh petani peserta PHBM yang masih tergolong sempit yaitu kurang dari 0,5 ha. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani peserta program PHBM salah satunya adalah pihak Perhutani perlu menambah luas lahan garapan bagi para petani desa hutan (pesanggem).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHBM, Partisipasi Masyarakat, Pendapatan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:31
Last Modified: 30 Dec 2019 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34156

Actions (login required)

View Item View Item