BENTUK SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA GANDASULI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA


Lusetya Lisnandani , 3401415079 (2019) BENTUK SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA GANDASULI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415079maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Idealnya keluarga utuh mampu mendidik anak hingga sukses atau dapat memberikan banyak dorongan semangat sehingga anak dapat mewujudkan cita�cita, namun bagaimana dengan anak-anak yang diasuh pada keluarga single parent?. Apakah ketiadaan figur ayah atau ibu di dalam keluarga single parent berimplikasi pada proses pelaksanaan sosialisasi pendidikan karakter anak?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui profil single parent di Desa Gandasuli Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga, 2) Mengetahui bentuk sosialisasi pendidikan karakter pada keluarga single parent di Desa Gandasuli Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis menggunakan teori sosialisasi dari George Herbert Mead dan konsep keluarga serta pendidikan karakter. Lokasi penelitian berada di Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan data profil single parent yakni yang berjumlah 5 orang dengan tingkat pendidikan SD, SMP dan Strata 1. Spesialisasi pekerjaan single parent antara lain ibu rumah tangga, pedagang, petani dan guru, 2) Single parent telah berhasil dalam memberikan bentuk sosialisasi primer pada anak dengan sempurna yang didasari dari beberapa faktor seperti : pendidikan single parent, pengetahuan single parent mengenai nilai dan norma, adanya peran pengganti dari ketiadaan salah satu figur ayah atau ibu, cara single parent dalam mensosialisasikan pendidikan karakter melalui nilai agama, serta dukungan dari masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak, Keluarga Single Parent, Pendidikan Karakter, Sosialisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:28
Last Modified: 30 Dec 2019 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34154

Actions (login required)

View Item View Item