STRATEGI PEMANFAATAN GADGET PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AS SALAFY AL-ASROR (Studi Kasus pada Santriwati Pelajar di Yayasan Al-Asror, Patemon, Gunungpati, Kota Semarang)


Alifia Mahfudhoh , 3401415055 (2019) STRATEGI PEMANFAATAN GADGET PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AS SALAFY AL-ASROR (Studi Kasus pada Santriwati Pelajar di Yayasan Al-Asror, Patemon, Gunungpati, Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415055maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi di era milenial ini, mengharuskan siswa untuk mengakses informasi melalui internet. Begitupula dengan santriwati pondok pesantren tradisional atau salaf yang membutuhkan gadget untuk mengakses internet. Namun, penggunaan gadget tersebut dibatasi bahkan dilarang oleh peraturan pondok pesantren tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna fungsi gadget bagi santriwati dan mengetahui bagaimana strategi santriwati dalam memanfaatkan gadget di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini berlokasi di Ponpes As Salafy Al-Asror, Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kabupaten Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial Max Waber Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Makna fungsi gadget bagi santriwati ada dua yaitu, gadget sebagai alat komunikasi dan gadget sebagai alat untuk mencari informasi, hal tersebut dapat dilihat dari latar belakang santriwati yaitu dari latar belakang keluarga, teman bermain, dan tingkat jenjang pendidikan. 2) Strategi untuk menggunakan gadget yang dilakukan oleh santriwati ada lima strategi yaitu, pertama, ketika santriwati dikunjungi atau ditimbali mahromnya (orang yang tidak boleh dinikahi seperti orang tua, om dan tante), kedua, santriwati meminjam gadget kepada wali kamar, ketiga, santriwati meminjam ke teman sekolah, keempat santriwati membawa dan dititipkan ke teman sekolah dan yang kelima, santriwati membawa gadget ke dalam pondok secara diam-diam. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi santriwati agar menaati peraturan yang sudah diterapkan di Pondok Pesantren, terutama dalam menggunakan gadget, karena sudah ada fasilitas yang diberikan oleh pondok. Bagi pengurus dalam memberikan fasilitas kepada santriwati harus diawasi dengan baik. Bagi Pondok Pesantren perlu memberikan atau memfasilitasi alat komunikasi berupa HP maupun komputer bagi santriwati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Pondok Pesantren, Santri, Strategi Pemanfaatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:02
Last Modified: 30 Dec 2019 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item View Item