IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI GEMPA BUMI MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS MAN 1 SRAGEN TAHUN 2018/2019


David Rizaldy , 3201415031 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI GEMPA BUMI MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS MAN 1 SRAGEN TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415031maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia. Kegiatan pembelajaran pada Kurikulum 2013 telah menempatkan guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai objek yang aktif dalam belajar. Sehingga diperlukan implementasi metode pembelajaran yang tepat dalam menyelaraskan perkembangan sesuai kurikulum. Metode pembelajaran simulasi merupakan salah satu cara efektif dan dapat diimplementasikan kedalam mata pelajaran Geografi pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam di kelas XI IPS. Metode pembelajaran simulasi dapat diterapkan pada mitigasi bencana gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menyebabkan 37.791 jiwa mengungsi dan 17 fasilitas sekolah rusak (BNPB, 2018). Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 1 Sragen dengan kurun waktu bulan Maret hingga Mei. Jenis penelitian adalah eksperimen murni untuk menguji metode pembelajaran simulasi mitigasi bencana gempa bumi terhadap hasil belajar dari aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (tindakan). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS. Sampel yang diambil yaitu kelas XI IPS 3 untuk kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 4 untuk kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel bertujuan (Purposive Sampling). Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil deskriptif persentase maka kelas eksperimen memperoleh aspek kognitif sebesar 87,77%, aspek afektif sebesar 90,74%, dan aspek psikomotorik sebesar 93,00%. Kemudian kelas kontrol memperoleh aspek kognitif sebesar 79,94%, aspek afektif sebesar 59,76%, dan aspek psikomotorik sebesar 62,43%. Sehingga implementasi metode pembelajaran simulasi mitigasi bencana gempa bumi memiliki perbandingan siginifikan positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS di mata pelajaran Geografi. Saran dalam kegiatan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran simulasi mitigasi bencana gempa bumi pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam. Metode pembelajaran simulasi akan mengajarkan kepada siswa tentang sesuatu yang bersifat abstrka menuju ke sifat konkret, dari sifat teori menuju sifat praktek. Sehingga diharapkan siswa dapat meningkat hasil belajarnya dan mampu menerapkan teori mitigasi bencana alam dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Mitigasi, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 17:59
Last Modified: 30 Dec 2019 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item View Item