ANALISIS POTENSI DAN KENDALA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA EDUKATIF DI DESA WISATA MARGOREJO KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS


Rizqi Laila Inayati, 3201414098 (2018) ANALISIS POTENSI DAN KENDALA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA EDUKATIF DI DESA WISATA MARGOREJO KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414098maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peluang untuk semakin dikembangkannya jenis wisata pendidikan (educational tourism) untuk menunjang pembelajaran luar ruangan. Rintisan Desa Wisata Margorejo merupakan desa yang memiliki potensi wisata unggulan berupa wisata edukatif. Namun dalam pengembangannya masih memiliki banyak kendala, baik kendala yang bersifat intern maupun ekstern. Adapun tujuan penelitian ini: 1) Menganalisis tingkat kelayakan pengembangan Desa Margorejo, 2) Menganalisis pengembangan potensi wisata Desa Margorejo sebagai wisata edukatif, 3) Menganalisis kendala dalam pengembangan wisata edukatif di Desa Margorejo, 4) Menentukan strategi alternatif yang dapat dilakukan dalam perencanaan pengembangan objek wisata edukatif di Desa Wisata Margorejo. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian deskriptif. Populasi dan sampel penelitian yaitu individu yang berada di lembaga terkait dalam pengembangan Desa Wisata Margorejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan Quota Sampling dengan mengambil informan kunci sebanyak 1 orang dari setiap lembaga pengembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasidan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis potensi, teknik analisis SWOT dan penarikan kesimpulan berupa strategi alternatif pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Margorejo memiliki tingkat kelayakan pengembangan Desa Wisata Margorejo adalah 96% (Kategori layak dikembangkan). Daya tarik wisata edukasi berupa pusat kebun buah dan sayur, penangkaran rusa, dan industri gula tumbu, festival ace dan durian serta didukung dengan komponen wisata lain berupa aksesibilitas, akomodasi dan sarana-prasarana penunjang yang layak. Sedangkan, dalam matriks SWOT berada pada Kuadran 1, dimana Desa Wisata Margorejo memiliki kekuatan dan peluang yang besar sehingga dapat menutupi kekurangan serta ancaman atau tantangan yang ada dengan menerapkan strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Desa Margorejo memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata edukatif dan kendala yang dialami pengembangannya dapat diminimalisir dengan menggunakan analisis SWOT. Sedangkan saran, perlu adanya peningkatan kerjasama dalam pengembangan objek wisata edukatif, terutama di bidang strategi pemasaran dan promosi serta peningkatan sarana-prasarana terkait dengan wisata edukatif agar meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pelajar dengan berbagai tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Kendala, Pengembangan, Objek Wisata Edukatif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:38
Last Modified: 30 Dec 2019 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34119

Actions (login required)

View Item View Item