KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH PADA KOMUNITAS NELAYAN DI DESA BANYUTOWO, KABUPATEN PATI


Nurul Maulidah , 3401415021 (2019) KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH PADA KOMUNITAS NELAYAN DI DESA BANYUTOWO, KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415021maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) oleh komunitas nelayan di Desa Banyutowo merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) pada komunitas nelayan di Desa Banyutowo. 2) Mengetahui keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan ZIS serta masalah apa yang mereka hadapi dalam pengelolaan ZIS. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan masyarakat dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi ZIS di Desa Banyutowo Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, metode wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Dimensi Spiritual dari Jim Ife, Pemberdayaan Masyarakat dari Robert Chambers dan Partisipasi Masyarakat oleh Paul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Masyarakat muslim di Desa Banyutowo memiliki kepanitiaan sendiri untuk mengelola dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). 2) Keterlibatan masyarakat paling banyak terdapat pada masa sebelum pengumpulan zakat dan masalah yang dihadapi adalah tidak adanya regenerasi dan pemanfaatan dana ZIS yang tidak maksimal. 3) Upaya masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan ZIS adalah melanjutkan regenarasi para amil zakat di Desa Banyutowo dengan menghidupkan kembali kegiatan kepemudaan Islam di Banyutowo dan diadakan bantuan untuk modal usaha Saran bagi masyarakat muslim Desa Banyutowo adalah meningkatkan partisipasi terhadap kegiatan pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah, serta meningkatkan rasa saling peduli terhadap pengembangan masyarakat. Selain itu panitia juga harus menerapkan prinsip-prinsip partisipasi dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah. Saran bagi pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan kepada para panitia zakat, infaq, dan sedekah agar pengelolaannya menjadi lebih baik dan terstruktur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nelayan, Partisipasi, Zakat Infaq dan Sedekah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:24
Last Modified: 30 Dec 2019 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item