PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT SEBAGAI BAHAN JAMU (STUDI ETNOBOTANI DI KELURAHAN NGADIRGO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)


Dian Puspita Sary , 3401415014 (2019) PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT SEBAGAI BAHAN JAMU (STUDI ETNOBOTANI DI KELURAHAN NGADIRGO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401415014maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan tumbuhan obat dilakukan oleh penjual jamu di Kelurahan Ngadirgo sebagai bahan utama dalam pembuatan ramuan jamu tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mendeskripsikan pengetahuan penjual jamu di Kelurahan Ngadirgo mengenai tumbuhan obat. 2.) Mengetahui proses pengolahan dari tumbuhan obat hingga menjadi jamu. 3.) Mengetahui pemanfaatan jamu sachet dalam proses penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Pengetahuan Lokal dari C. Geertz, Etnobotani dari J. Harsberger dan Pendekatan Etnobotani dari C.M Cotton dan Difusi Inovasi dari Everett M. Rogers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Pengetahuan lokal mengenai pemanfaatan tumbuhan obat diperoleh penjual jamu secara turun-temurun dari anggota kerabat terdekat dan dari teman yang berprofesi sebagai penjual jamu. 2.) Terdapat 44 jenis tumbuhan obat dari 25 famili yang dimanfaatkan oleh penjual jamu sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu. Setiap hari penjual jamu mengolah 8 jenis jamu standar dan 9 jenis jamu yang dibuat khusus berdasarkan permintaan dari pelanggan. 3.) Pada proses pemasaran hampir sebagian besar penjual jamu di Kelurahan Ngadirgo membawa jamu sachet. Proses mencampurkan jamu sachet dengan jamu buatan atau yang biasa disebut dengan jamu udhekan akan dilakukan apabila ada pelanggan yang memesan. Saran dalam penelitian ini bagi penjual jamu untuk memanfaatkan ampas jamu yang sudah tidak digunakan menjadi pupuk organik. Penjual jamu meningkatkan higienitas peralatan yang digunakan untuk mengolah tumbuhan obat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jamu, Pengetahuan Lokal, Tumbuhan obat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:15
Last Modified: 30 Dec 2019 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34108

Actions (login required)

View Item View Item