PEMANFAATAN SUNGAI LANGKAP SEBAGAI TEMPAT PEMBUANGAN LIMBAH RUMAH TANGGA (Studi Masyarakat Pinggiran Sungai Langkap Desa Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga)


Gita Saputri , 3401414111 (2018) PEMANFAATAN SUNGAI LANGKAP SEBAGAI TEMPAT PEMBUANGAN LIMBAH RUMAH TANGGA (Studi Masyarakat Pinggiran Sungai Langkap Desa Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401414111maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan sungai sebagai tempat pembuangan limbah merupakan perilaku yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang bermukim di sekitar sungai. Perilaku tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar Sungai Langkap. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat pinggiran Sungai Langkap dalam pemanfaatan sungai, 2) Untuk mengetahui faktor yang membuat masyarakat memanfaatkan Sungai Langkap sebagai tempat pembuangan limbah, 3) Untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat sekitar Sungai Langkap dalam meminimalisir dampak terhadap kesehatan dan lingkungan dari pemanfaatan sungai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di permukiman masyarakat pinggiran Sungai Langkap Desa Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Tegalpingen yang bermukim di pinggiran Sungai Langkap dan membuang limbahnya ke Sungai Langkap. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi sumber data digunakan sebagai validitas data. Teknik analisis dalam penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dikaji menggunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Masih banyak masyarakat membuang limbah ke sungai karena ada persepsi sungai sebagai tempat pembuangan limbah dan membuat sepiteng dianggap menyimpan limbah, 2) Masyarakat masih menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan limbah karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu kebiasaan, kesadaran rendah, tidak tersedianya TPS di desa dan tidak ada sanksi yang tegas, 3) Perilaku masyarakat sekitar Sungai Langkap dalam meminimalisir dampak terhadap kesehatan dari pemanfaatan sungai dengan cara mengendapkan air sumur ketika akan digunakan untuk kebutuhan memasak dan pemasangan paralon pembuangan limbah menjorok ke aliran sungai. Saran dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat perlu adanya penyuluhan larangan membuang limbah ke sungai oleh dinas kesehatan setempat, dan penyuluhan gerakan pemakaian air bersih oleh perusahaan PDAM setempat. Bagi pihak desa diharapkan secepatnya menyediakan TPS dan truk sampah untuk mengangkut sampah warga sehingga meminimalisir sampah yang dibuang ke sungai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Limbah, Perilaku Masyarakat, Sungai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:05
Last Modified: 30 Dec 2019 16:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34105

Actions (login required)

View Item View Item