KESIAPSIAGAAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018


Rizky Setiawati , 3201414053 (2019) KESIAPSIAGAAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414053maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara yang rawan terhadap bencana, salah satunya adalah bencana gempa bumi. Oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meminimalisir risiko yang terjadi yaitu melalui kesiapsiagaan yang dilakukan salah satunya di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi (2) Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru, dan tenaga kependidikan (tendik) di SMP Negeri se-Kecamatan Kawunganten yang berjumlah 687 orang, dengan sampel sebanyak 104 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan (1) Kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMP Negeri 1 Kawunganen masuk kedalam kategori Sangat Siap dengan persentase sebanyak 91%, di SMP N 2 Kawunganten masuk kedalam kategori Siap dengan persentase sebanyak 71%., di SMP Negeri 3 Kawunganten masuk kedalam kategori Siap dengan persentase 68%., di SMP N 4 Satu Atap Kawunganten masuk kategori Siap dengan persentase sebanyak 63%. (2) Upaya yang dilakukan tiap sekolah untuk meningkatkan kesiapsiagaan adalah meningkatkna kualitas sumber daya manusia dan mengkatkan fasilitas yang mendukung kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana. Saran yang diberikan yaitu (1) Perlu adanya koordinasi dengan pihak terkait dalam kesiapsiagaan bencana. (2) Meningkatkan kesiapsiagaan warga sekolah melalui kegiatan simulasi dan sosialisasi. (3) Peningkatan fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung kesiapsiagaan bencana seperti adanya tanda jalur evakuasi, tanda titik kumpul, dan penyususnan struktur organisasi untuk kebencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Gempa Bumi, Kawunganten
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:55
Last Modified: 30 Dec 2019 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34101

Actions (login required)

View Item View Item