VLOG (VIDEO BLOGGING) KELESTARIAN LINGKUNGAN SUNGAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATI


RAHMATIKA DWI ILMA SURYANI , 3201414050 (2019) VLOG (VIDEO BLOGGING) KELESTARIAN LINGKUNGAN SUNGAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414050maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Jepara adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa tengah yang terkenal dengan keindahan dan kebersihan lingkungannya, dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan piala adipura. Namun tidak dipungkiri di beberapa sudut kota masih banyak kita jumpai adanya penumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan sungai, seperti pencemaran air, tanah, dan udara. Pencemaran lingkungan sungai ini sebagian besar diakibatkan kurangnya tanggung jawab masyarakat dalam melestarikan lingkungan sungai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Merancang desain prototipe dan membuat media pembelajaran vlog kelestarian lingkungan sungai. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran vlog tentang kelestarian lingkungan sungai untuk siswa sekolah dasar. (3) Mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap kelestarian lingkungan sungai. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 sekolah dasar di Desa Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran vlog oleh validator pertama menunjukkan layak dengan jumlah skor 30, sedangkan validator kedua menunjukkan sangat layak dengan jumlah skor 39. Setelah vlog dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran, peneliti menayangkan vlog pada siswa sekolah dasar. Diperoleh hasil pada SD N 2 Ujungbatu 47,1% siswa mempunyai pengetahuan yang sangat baik, 5,8% siswa mempunyai pengetahuan yang kurang sedangkan, pada SD N 3 Ujungbatu, 32,3% siswa mempunyai pengetahuan yang sangat baik dan 3,2% siswa mempunyai pengetahuan yang kurang atau tidak baik terhadap kelestarian lingkungan sungai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran vlog (video blogging) kelestarian lingkungan sungai layak digunakan untuk pembelajaran tematik bagi siswa sekolah dasar. Saran dari peneliti, diharapkan adanya pengawasan orang tua dalam penggunaan media vlog di rumah yang didukung dengan smarthphone.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Vlog (Video Blogging), Pelestarian Lingkungan sungai, Media Pembelajaran Tematik.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:50
Last Modified: 30 Dec 2019 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item View Item