STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN USAHA PADA PENGUSAHA AGRIBISNIS SAYURAN ORGANIK (STUDI KASUS TERHADAP PERUSAHAAN CITRA NIYAGA)


Irawati Endar Anjangmas , 3401414054 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN USAHA PADA PENGUSAHA AGRIBISNIS SAYURAN ORGANIK (STUDI KASUS TERHADAP PERUSAHAAN CITRA NIYAGA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401414054maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak pengusaha memilih menjalankan usaha dibidang agribisnis khususnya sayuran. Beberapa usaha agribisnis ada yang mengalami kegagalan namun ada juga yang berkembang. Usaha sayuran yang mampu berkembang yaitu Citra Niyaga. Tujuan penulisan ini adalah (1) mengetahui strategi pengembangan jaringan usaha pada pengusaha agribisnis sayuran organik Citra Niyaga. (2) Mengetahui peran strategi pengembangan jaringan usaha dalam mengembangkan usaha Citra Niyaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian mencakup informan utama dan informan pendukung. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Langkah-langkah yang digunakan yaitu reduksi data, penajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara simultan sejak pengumpulan data. Teori yang digunakan untuk menganalisis hasil temuan penulis adalah teori jaringan sosial Mark Granovetter dan konsep modal sosial. Jaringan Usaha Citra Niyaga yaitu petani, pengepul, jasa pengiriman barang, dan konsumen. Jaringan usaha dibentuk secara konvensional maupun mlalui media digital. Strategi yang dilakukan oleh Citra Niyaga dalam upaya mengembangkan jaringan usaha membina hubungan yang baik dengan jaringan yang sudah ada untuk menanamkan trust dalam jaringan. Pengembangan jaringan melalui media digital dilakukan dengan memanfaatkan facbook dan instagram. Jaringan usaha dalam Citra Niyaga memiliki peran dalam meningkatkan keefektifan jalannya usaha, meminimalisisr kerugian, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan omset

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jaringan usaha, Pengusaha sayuran, Strategi Pengembangan,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:50
Last Modified: 30 Dec 2019 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34098

Actions (login required)

View Item View Item