IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018


Arief Yulianto Hermawan , 3201414049 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414049maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas individu, oleh karena itu perlu adanya pembaharuan. Salah satu usaha pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut yaitu dengan pembaharuan kurikulum, mengingat tantangan dan persoalan yang dihadapi semakin kompleks. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi kurikulum 2013 yang terdiri atas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran oleh guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang., (2) menganalisis faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Teknik Purposive Sampling digunakan untuk mengambil sampel sebanyak 10 guru dari 10 sekolah SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui pengamatan langsung (observasi) dan wawancara kepada guru geografi sedangkan data sekunder berasal dari dokumen perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi kurikulum 2013 guru geografi dari perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 96% dengan kategori sangat baik, pelaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 80% dengan kategori sangat baik, dan penilaian pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 89% dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil wawancara diketahui bahwa fasilitas, sumber belajar, sosialisasi kurikulum, dan penguasaan teknologi oleh guru sangat menentukan keberhasilan dalam implementasi kurikulum 2013. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru lebih meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan barang-barang di sekitar sebagai media pembelajaran. Guru yang telah baik dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi diharapkan dapat meningkatkan untuk menjadi lebih baik lagi kedepanya. Sekolah diharapkan dapat melengkapi sarana penunjang pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Geografi, Implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:45
Last Modified: 30 Dec 2019 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34097

Actions (login required)

View Item View Item