STRATEGI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KALIMATI DALAM MEMAKNAI DAN MEMANFAATKAN UANG GANTI RUGI (Studi Kasus Pada Pembangunan Jalan Tol Pejagan-Pemalang)


Edwina Renaganis Hutami , 3401414026 (2019) STRATEGI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KALIMATI DALAM MEMAKNAI DAN MEMANFAATKAN UANG GANTI RUGI (Studi Kasus Pada Pembangunan Jalan Tol Pejagan-Pemalang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401414026maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang di Desa Kalimati meninggalkan dampak positif dan negatif tersendiri bagi masyarakat desa Kalimati.Bagi masyarakat terdampak yang lahannya terkena alih fungsi lahan, di berikan ganti rugi untuk mengganti rumah dan tempat usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana masyarakat memaknai pemberian ganti rugi dari adanya pembebasan lahan, (2) Mengetahui strategi sosial ekonomi masyarakat dalam mendapatkan uang ganti rugi, (3) Mengetahui strategi sosial ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan uang ganti rugi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi.Lokasi Penelitian berada di Desa Kalimati Kecamatan Adiwerna.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, untuk memastikan kebenaran dari data yang diperoleh.Metode analisis yang digunakan yaitu pengumpuan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Landasan teori yang di gunakan adalah Teori Tindakan Sosial dari Max Weber Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemaknaan masyarakat terkait adanya pemberian ganti rugi dengan adanya penyebutan OKB dan penggantian istilah ganti rugi dengan istilah baru yaitu ganti untung, (2) Masyarakat terdampak melakukan strategi sosial ekonomi untuk mendapatkan ganti rugi secara maksimal, (3) Strategi sosial ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan uang ganti rugi yang di berikan adalah dengan membeli rumah, untuk modal usaha, mencukup kebutuhan keluarga sehari-hari, untuk kebutuhan anak, menabung dan di gunakan untuk umrah. Saran penelitian: masyarakat sebaiknya lebih kritis untuk memikirkan dampak yang akan dihasilkan dari adanya suatu pembangunan di daerahnya. Bagi masyarakat terdampak dapat lebih bijak dalam mengelola uang ganti rugi yang di berikan.Serta bagi pemerintah lebih tanggap dalam menghadapi keluhan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, Pemanfaatan, Pembangunan Jalan Tol, Ganti Rugi, Strategi Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:39
Last Modified: 30 Dec 2019 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34094

Actions (login required)

View Item View Item