PENGELOLAAN ECOTOURISM BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA CANDIREJO, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG


Imas Ulufi Cahyaningrum , 3401413109 (2018) PENGELOLAAN ECOTOURISM BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA CANDIREJO, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401413109maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia mulai menggiatkan pembangunan kepariwisataan sebagai bagian integral dari rencana pembangunan jangka panjang nasional. Di tengah berbagai kemunculan program desa wisata di berbagai daerah di Indonesia yang menemui kegagalan atau mati suri, masih terdapat fenomena menarik dari pengelolaan desa wisata yang hingga kini masih berlanjut yaitu pengelolaan ecotourism berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Candirejo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengelolaan ecotourism berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Candirejo, 2) mengetahui dampak pengelolaan ecotourism berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Candirejo, 3) mengetahui tantangan pengelolaan ecotourism berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Candirejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah pengelola desa wisata, perangkat desa, dan tokoh masyarakat Desa Candirejo. Sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini yaitu wisatawan, pelaku wisata, serta masyarakat Desa Candirejo. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan ecotourism dilakukan melalui manajemen berbasis masyarakat dengan menjadikan koperasi sebagai wadah untuk mengintegrasikan unit-unit usaha wisata masyarakat Desa Candirejo (2) pengelolaan ecotourism di Desa Wisata Candirejo merupakan pengelolaan partisipatoris yang telah memberikan dampak bagi masyarakat baik dari segi lingkungan, ekonomi maupun sosial-budaya. 3) pengelolaan ecotourism di Desa Wisata Candirejo tidak terlepas dari tantangan-tantangan yang disebabkan karena kurangnya permodalan, pemasaran, evaluasi dan monitoring, pemerataan kunjungan kunjungan, keterampilan, hingga persaingan dengan desa wisata sekitar. Saran dalam penelitian ini yaitu bahwa pengelola Desa Wisata Candirejo perlu meningkatkan kolaborasi dan jejaring (networking) dengan masyarakat, pemerintah maupun industri pariwisata itu sendiri dalam hal peningkatan SDM, aksesibilitas, promosi dan inovasi produk ekowisata. Kemudian, masyarakat Desa Candirejo perlu memperhatikan aspek estetika dan kearifan lokal dengan menambahkan unsur-unsur arsitektur rumah adat tradisional Jawa dalam membangun sarana akomodasi seperti perumahan dan homestay.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Ekowisata, Pariwisata Berbasis Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:35
Last Modified: 30 Dec 2019 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item