i PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANAK AUTIS DALAM MENYELAMATKAN DIRI DARI BENCANA GEMPA BUMI MELALUI TERAPI PERMAINAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI


Hani Nur Islami , 3201414042 (2019) i PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANAK AUTIS DALAM MENYELAMATKAN DIRI DARI BENCANA GEMPA BUMI MELALUI TERAPI PERMAINAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414042maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Pendidikan Pengembangan Kemandirian atau Pendidikan Menolong Diri Sendiri (PMDS) melalui media edukasi yang khusus diupayakan untuk menolong anak autis sangatlah penting. Bagi siswa autis untuk melakukan mitigasi bencana gempa bumi di dalam maupun di luar kelas ketika terjadi bencana gempa bumi bukanlah hal yang mudah, karena mereka lebih bergantung pada orang lain dalam keadaan darurat, ketergantungan terhadap orang lain dan kurangnya kemampuan dalam menghadapi bencana gempa bumi menyebabkan anak menjadi pasif dan pasrah terhadap orang, masalah tersebut menyebabkan mereka rentan menjadi korban, untuk itu anak perlu diberikan suatu media pembelajaran agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak autis dalam menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi serta untuk membuat mereka aktif dalam melakukan mitigasi bencana gempa bumi secara mandiri tanpa dibantu orang lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas anak autis dalam proses terapi permainan simulasi bencana gempa bumi dan mengetahui pengetahuan dan keterampilan siswa autis dalam menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa autis di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu yaitu siswa autis yang sudah sapat membaca, menulis dan memahami perintah dasar. Sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 7 siswa autis di jurusan klasik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase dan komparatif. Hasil analisis menunjukkan pengetahuan dan keterampilan siswa autis dalam menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi melalui permainan simulasi bencana gempa bumi dinilai dari 2 aspek yaitu pengetahuan, dan keterampilan. Pada aspek pengetahuan terdapat peningkatan sebesar 3 dengan persentase 25% untuk aspek pegetahuan dan 19 untuk aspek keterampilan dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terapi permainan simulasi bencana gempa bumi dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa autis dalam menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi. Saran dari peneliti, kegiatan pembelajaran menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi perlu dilaksanakan rutin di Sekolah guna mengurangi ancaman dan meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keterampilan, Gempa Bumi, Autis.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:32
Last Modified: 30 Dec 2019 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34091

Actions (login required)

View Item View Item