PERSEPSI DAN PARTISIPASI PETANI TAMBAK DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN KAWASAN PESISIR DESA KETAWANGREJO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO


Yuli Agus Setyawan , 3201414040 (2019) PERSEPSI DAN PARTISIPASI PETANI TAMBAK DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN KAWASAN PESISIR DESA KETAWANGREJO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414040maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kerusakan yang terjadi di kawasan pesisir perlu untuk diperbaiki. Persepsi dan partisipasi petani tambak perlu ditingkatkan untuk mengelola dan melestarikan kawasan pesisir dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui kondisi lingkungan kawasan pesisir, 2) mengetahui parsepsi petani tambak dalam pelestarian lingkungan kawasan pesisir Desa Ketawangrejo, 3) mengetahui partisipasi petani tambak dalam pelestarian lingkungan kawasan pesisir Desa Ketawangrejo. Populasi penelitian ini adalah petani tambak di Desa Ketawangrejo sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Teknik Purposive Sampling dan Proportionate Stratified Random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 petani tambak. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesisir Desa Ketawangrejo mengalami kerusakan yaitu pencemaran lingkungan dan abrasi. Terdapat alih fungsi lahan seluas 10,64 Ha menjadi area tambak tersebut di lahan lindung, lahan konservasi dan lahan pertanian. Alih fungsi lahan tersebut berdampak pada pencemaran di area pertanian akibat limbah tambak, selain itu abrasi juga berdampak pada kerusakan kolam tambak dan fasilitas obyek wisata. Kesadaran petani tambak untuk melestarikan lingkungan kawasan pesisir ditunjukan melalui pemahaman dan tindakan memperbaiki serta melestarikan lingkungan kawasan pesisir. Partisipasi petani tambak dalam pelestarian lingkungan sebagian besar dalam bentuk tenaga dibandingkan dengan partispasi ide, dana dan sarana. Saran dari penelitian ini adalah petani tambak perlu untuk menambah wawasan dan partisipsi petani tambak agar terbentuk pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Pemerintah perlu meningkatkan kesadaran dan keikutsertaan masyarakat pesisir dalam pelestarian lingkungan, serta menegakan peraturan dalam pengelolaan kawasan pesisir. Untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan mengkaji variabel lainnya tentang kondisi sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Partisipasi, Tambak, Pelestarian, Pesisir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:28
Last Modified: 30 Dec 2019 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item View Item