PERILAKU MEMBELI PRODUK PEMUTIH WAJAH DI KALANGAN PEREMPUAN PEKERJA MILLET TPIJONGOR KELURAHAN TEGALSARI KOTA TEGAL


Sefira Rizki Ayu Nindia , 3401413048 (2018) PERILAKU MEMBELI PRODUK PEMUTIH WAJAH DI KALANGAN PEREMPUAN PEKERJA MILLET TPIJONGOR KELURAHAN TEGALSARI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401413048maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran produk pemutih mempengaruhi gaya hidup seseorang, khususnya bagi kaum perempuan. Keinginan untuk memiliki penampilan yang menarik dan cantik karena kecantikan bagi perempuan merupakan simbol keberadaan dalam lingkungan. Berbagai usaha dilakukan untuk mempertahankan citra diri. Dampak produk pemutih memberikan berbagai dampak baik maupun buruk. Dampak terbesar yang diberikan oleh kehadiran produk pemutih yaitu meningkatan kepercayaan diri ketika berada di tengah masyarakat khususnya bagi pekerja millet.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna produk pemutih bagi perempuan pekerja millet, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong perempuan pekerja millet dalam menggunakan produk pemutih wajah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Sumber data dalam penelitian kualitatif berupa kata-kata, tindakan, dan data tambahan seperti dokumen dan foto.Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan dengan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Perempuan pekerja millet memaknai kebutuhan produk pemutih wajah berasal dari pikiran (mind), konsep diri tentang perempuan yang cantik, dan kebutuhan untuk menjaga atau melindungi wajah/kulit. Faktor-faktor yang mendorongperempuan pekerja millet dalam menggunakan produk pemutih wajah adalah (1) adanya keinginan untuk memiliki wajah dan kulit yang cantik, (2) adanya pengaruh keluarga (suami), teman kerja sebagai significant others dan reference group, (3) penjual produk pemutih wajah yang menyediakan berbagai jenis produk kosmetika yang menjadi kebutuhan masyarakat. Saran dari penelitian ini adalah perempuan pekerja millet sebaiknya memperhatikan kualitas krim pemutih yang dibeli, mempertimbangkan jaminan kualitas krim pemutih dari penjual produk pemutih, dan perempuan pekerja millet sebaiknya memperhatikan antara kebutuhan kebutuhan sehari-hari dan keinginan membeli produk pemutih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makna, Perempuan, Perilaku, Produk Pemutih.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:26
Last Modified: 30 Dec 2019 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item