PERBEDAAN TINGKAT ADAPTASI SOSIAL ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA REGULER DALAM MENTAATI PERATURAN SEKOLAH MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Della Rifqiyatul Hasna , 3401414094 (2019) PERBEDAAN TINGKAT ADAPTASI SOSIAL ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA REGULER DALAM MENTAATI PERATURAN SEKOLAH MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401413013maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Adaptasi sosial merupakan penyesuaikan individu terhadap lingkungan dan kelompok tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) mengetahui tingkat adaptasi sosial siswa boarding school terhadap peraturan, (2) mengetahui tingkat adaptasi sosial siswa reguler terhadap peratran, (3) mengetahui perbedaan adaptasi sosial antara siswa boarding school dengan siswa reguler terhadap peraturan. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis komparasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan 40 siswa boarding school dan 160 siswa reguler. Siswa boarding school di kelas VII D sedangkan siswa reguler dikelas VII E, VII F, VII G, VII H, dan VII I. Teknik sampling yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan adaptasi sosial. Uji reliabilitas instrument menggunakn formula Alpha Croncbach dengan nilai 0,95. Analisis data menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat adaptasi siswa boarding school terhadap peraturan ditunjukkan dengan tingkat tertinggi indikator bersikap respek dengan kategori tinggi 95% kategori sedang 5% dan tingkat terendah indikator siswa mampu menaati peraturan sekolah dengan kategori tinggi 65% kategori sedang 35%. (2) tingkat adaptasi sosial siswa reguler ditunjukkan dengan tingkat tertinggi pada indikator bersikap respek dengan kategori tinggi 85,6% kategori sedang 14,4% dan tingkat terendah pada indikator siswa mampu menaati peraturan sekolah dengan kategori tinggi 48,7% kategori sedang 51,3%.(3) angka signifikansi 0,025 dan 0,30 yang berarti terdapat perbedaan tingkat adaptasi sosial antara siswa boarding school dengan siswa reguler terhadap peraturan sekolah MTs N Semarang. Saran untuk pihak sekolah memperhatikan siswa reguler dalam aspek ketaatan terhadap peraturan sekolah. Dapat dipecahkan dengan cara mencari akar permasalahan dari siswa yang melanggar peraturan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adaptasi sosial, siswa boarding school, siswa reguler, peraturan sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:10
Last Modified: 30 Dec 2019 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34082

Actions (login required)

View Item View Item