KENDALA SISWA DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL


Rizka Kartika Sari , 3201414022 (2019) KENDALA SISWA DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414022maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian yang sudah dilakukan oleh Tim Adiwiyata pada Standar Evaluasi Pencapaian Adiwiyata diperoleh hasil publikasi lingkungan hidup melalui berbagai cara dan media masih rendah. Maka penelitian ini merupakan penelitian yang difokuskan pada kendala siswa dalam penyusunan karya tulis lingkungan hidup untuk publikasi sekolah pada program sekolah Adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala – kendala siswa dalam penyusunan karya tulis lingkungan hidup untuk publikasi sekolah dari aspek tahapan – tahapan dalam menulis karya tulis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Talang yang berjumlah 718 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kendala – kendala siswa dalam penyusunan karya tulis lingkungan hidup terjadi pada semua tahap dalam menulis. Kendala pada tahap penemuan topik atau ide yaitu siswa masih sulit dalam memperoleh ide karena minat baca terhadap bacaan bertema lingkungan hidup yang masih rendah. Kendala pada tahap pengumpulan bahan yaitu masih minimnya bahan atau referensi yang digunakan siswa dalam penyusunan karya tulis lingkungan hidup. Selanjutnya kendala pada tahap penyusunan karya yaitu masih minimnya pengetahuan siswa terhadap konsep pembuatan sebuah karya tulis, sehingga masih banyak sekali siswa yang tidak membuat karya tulis lingkungan hidup. Kendala pada tahap penyuntingan yaitu kurangnya pengetahuan siswa mengenai struktur dan bahasa dalam penyusunan karya tulis. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa agar dapat meningkatkan dorongan dalam dirinya untuk membaca bacaan bertema lingkungan hidup serta mempelajari tentang penyusunan sebuah karya tulis. Selain itu siswa juga harus pandai-pandai dalam memanfaatkan bahan bacaan serta fasilitas dari sekolah untuk menunjang kegiatan penyusunan karya tulis lingkungan hidup. Kemudian disarankan untuk pihak sekolah seharusnya pihak sekolah mengadakan pembimbingan atau pelatihan kepada siswa mengenai kepenyusunan karya tulis serta memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan tidak monoton agar pembelajaan mengenai struktuk dan kebahasaan (penggunaan EYD) dapat diterima oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis, Kendala, Lingkungan Hidup, Program Sekolah Adiwiyata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:05
Last Modified: 30 Dec 2019 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34081

Actions (login required)

View Item View Item