EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS QUIPPER SCHOOL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS X SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018-2019


Dwi Aryani , 3201414017 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS QUIPPER SCHOOL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS X SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018-2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414017maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran blended learning berbasis quipper school adalah model yang menggabungan antara pembelajaran secara online dan tatap muka (offline) yang menggunakan media quipper school. Penggunaan model ini adalah wujud akan perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini ada empat yaitu untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran blended learning berbasis quipper school, mengetahui ketercapaian ketuntasan belajar siswa berupa hasil belajar kognitif,mengetahui aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran blended learning berbasis quipper school, dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis quipper school. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Kesatrian 2 Semarang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian adalah efektivitas penggunaan model blended learning berbasis quipper school pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi pelaksanaan pembelajaran,ketuntasan hasil belajar, ketercapaian aktivitas siswa, dan respon positif siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design penelitian Intact-Group Comparasion Teknik pengumpulan data dengan tes, dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis quipper school lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis power point. Hal ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran dilihat dari aktivitas guru di dalam kelas eksperimen yang mendapatkan rata-rata penilaian 76% di pertemuan 1 dan 82% dipertemuan 2 dengan kategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa mendapatkan hasil tuntas secara individu maupun secara klasikal dan peningkatan nilai berdasarkan uji N-gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi, aktivitas siswa masuk dalam kriteria baik dengan hasil 76,26% dan 80,3%, dan respon positif siswa terhadap pembelajaran sangat menarik dengan rata-rata persentase mencapai 89,09 %, sehingga secara keseluruhan dianggap efektif. Saran, pembelajaran blended learning berbasis quipper school dapat diterapkan,dapat digunakan karena didukung fasilitas sekolah, dapat memperudah tugas guru, dan guru harus mencoba menerapkan berbagai model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Blended Learning, Quipper School
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:59
Last Modified: 30 Dec 2019 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item