DAMPAK PENYULUHAN PENTINGNYA PENDIDIKAN TERHADAP PILIHAN RASIONAL MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN DI DESA KLUWIH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG


Eny Suhanti , 3401412115 (2019) DAMPAK PENYULUHAN PENTINGNYA PENDIDIKAN TERHADAP PILIHAN RASIONAL MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN DI DESA KLUWIH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401412115maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesadaran akan pentingnya pendidikan pada masyarakat desa Kluwih sangatlah rendah. Dari fakta tersebut menggerakakn salah satu oraganisasi yang ada di Desa Kluwih untuk mengadakan penyuluhan akan pentingnya pendidikan. organisasi tersebut adalah oragnisasi PKK. Penyuluhan pentingnya pendidikan sebagai bagian dari upaya PKK untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pendidikan formal. PKK melaksanakan penyuluhan pentingnya pendidikan setiap bulan sekali yaitu pada tanggal 22, tapi terkadang juga penyululah dilakukan ketika ada kegiatan yasinan. Penjelasan tersebut merujuk pada Bagaimana proses terjadinya penyuluhan pentingnya pendidikan pada masyarakat desa Kluwih dan Bagaimana dampak penyuluhan pentingnya pendidikan terhadap pandangan masyarakat desa Kluwih atas pendidikan. Tujuan penelitian : (1) mengetahui persepsi masyarakat desa Kluwih terhadap penyuluhan pentingnya pendidikan, (2) mengetahui implementasi penyuluhan pentingnya pendidikan pada masyarakat desa Kluwih, (3) mengetahui dampak penyuluhan pentingnya pendidikan terhadap pandangan masyarakat desa Kluwih atas pendidikan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan teori pilihan rasional J. Colomen dan konseptual persepsi masyarakat. Penelitian ini berlokasi di Desa Kluwih, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Informan dalam penelitian adalah orang-orang yang terlibat dalam program penyuluhan pentingnya pendidikan (Penyelenggara dan peserta penyuluhan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Diadakannya program penyuluhan pentingnya pendidikan merupakan suatu usaha dalam mengurangi angka putus sekolah; 2) Implementasi program penyulihan pentingnya pendidikan sudah berjalan baik. Penyampaian materi mudah di mengerti dan pahami oleh peserta penyuluhan pentingnya pendidikan; 3)Program penyuluhan pentingnya pendidikan memiliki dampak yang sangat positif untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dampaknya tidak hanya dialami oleh peserta penyuluhan pentingnya pendidikan dan keluarganya saja, tetapi juga berdampak untuk masyarakat umum yang tidak mengikuti penyuluhan tersebut. Dampak dari program penyuluhan pentingnya pendidikan yaitu minat masyarakat desa Kluwih untuk menyekolahkan anaknya meningkat, peminat (peserta) kejar paket B dan C mlai banyak, dan keluarga lebih memilih menyekolahkan anak-anaknya daripada menikahkan anaknya setelah lulus SD. Saran penelitian: Bagi penyelenggara program penyuluhan pentingnya pendidikan, untuk melakukan sosialisasi mengenai program penyuluhan pentingnya pendidikan, agar peserta penyuluhan bertambah banyak; Bagi peserta penyuluhan pentingnya pendidikan, untuk lebih rajin mengikuti penyuluhan dan mengajak warga yang lain untuk ikut serta dalam penyuluhan pentingnya pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Dampak, Persepsi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:58
Last Modified: 30 Dec 2019 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item