RASIONALITAS SISWA BERPRESTASI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TEUKU UMAR SEMARANG DALAM MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN


Dony Fajar Rachmanto , 3401412048 (2019) RASIONALITAS SISWA BERPRESTASI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TEUKU UMAR SEMARANG DALAM MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3401412048maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (937kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa lulusan SMP atau sederajat yang berprestasi memilih melanjutkan jenjang pendidikan ke SMK Teuku Umar Semarang. Hal ini dapat dilihat dari adanya jalur khusus dalam penerimaan siswa berprestasi yang meliputi prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi yang dimiliki siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai akademik calon peserta didik berupa buku rapor atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) maupun dari sertifikat kejuaraan yang dimiliki oleh calon peserta didik yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke SMK Teuku Umar Semarang. Tujuan penelitian (1) Menggambarkan latar belakang siswa berprestasi kelas X SMK Teuku Umar Semarang. (2) Menjelaskan rasionalitas siswa berprestasi kelas X dalam memilih SMK Teuku Umar Semarang sebagai lembaga pendidikannya. (3) Mengetahui kendala yang dialami oleh siswa berprestasi kelas X selama bersekolah di SMK Teuku Umar Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMK Teuku Umar Semarang, dengan subjek penelitian yaitu siswa berprestasi kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasionalitas siswa berprestasi kelas X SMK Teuku Umar Semarang dalam memilih lembaga pendidikan meliputi tiga hal 1) Latar belakang siswa berprestasi memilih untuk melanjutkan pendidikan ke SMK Teuku Umar Semarang dibagi ke dalam beberapa faktor, antara lain: latar belakang pendidikan orang tua, latar belakang ekonomi/pekerjaan orang tua, serta latar belakang sosial. 2) Rasionalitas siswa berprestasi kelas X dalam memilih SMK Teuku Umar Semarang sebagai lembaga pendidikan dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu: A. Ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus. B. Ingin membahagiakan orang tua. C. Ingin fokus pada satu keterampilan. 3) Kendala yang dialami oleh siswa berprestasi kelas X selama bersekolah di SMK Teuku Umar Semarang adalah mengenai biaya adminitrasi, latar belakang orang tua, dan lingkungan sosial. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagi orang tua untuk mendukung serta mengarahkan putera-puterinya sesuai dengan bakat, minat yang dimiliki dan bagi siswa-siswi SMK Teuku Umar belajarlah dengan giat untuk mencapai hal yang kalian inginkan, dan 3. Bagi sekolah, mewadahi siswa yang kurang beruntung dari segi ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas, Siswa Berprestasi, SMK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:53
Last Modified: 30 Dec 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item View Item