PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BUM DESA TIRTA MANDIRI (STUDI KASUS DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN)


Lisa Mustika Wulandari , 3312415045 (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BUM DESA TIRTA MANDIRI (STUDI KASUS DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312415045maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

BUM Desa merupakan usaha desa yang bercirikan kepemilikan kolektif, bukan hanya dimiliki oleh pemerintah desa, bukan hanya dimiliki oleh masyarakat, bukan pula hanya dimiliki oleh individu, melainkan menjadi milik pemerintah desa dan masyarakat. Hadirnya BUM Desa Tirta Mandiri sejak tahun 2009 mampu mengubah Desa Ponggok menjadi desa berpendapatan asli desa tinggi: tahun 2018 mencapai Rp 1.184.900.000,00. Pencapaian tersebut tidak lepas dari partisipasi masyarakat desa. Maka, tujuan penelitian ini dilakukan untuk: 1) mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat desa terhadap BUM Desa Tirta Mandiri, 2) untuk mengetahui aktor-faktor apa saja yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat terhadap BUM Desa Tirta Mandiri yang pertama, pada tahap perencanaan, partisipasi masyarakat masih berada pada tahapan tangga informing tingkat tokenisme (kadar hadiah). Kedua, tahap pelaksanaan, partisipasi masyarakat tersalurkan secara kelompok dengan prinsip community development. Terjadi sinergi antara BUM Desa dengan Pokdarwis dan Kelompok UKM. Dalam hal ini, partisipasi masyarakat telah masuk pada tahapan kerjasama (partnership) tingkat kadar kedaulatan rakyat (citizen power). Ketiga, tahap pengambilan manfaat, masyarakat mendapatkan manfaat dengan kehadiran BUM Desa yang bersinergi dengan Pokdarwis dan PKK. Keempat, pada tahap pengawasan, partisipasi masyarakat berada pada tahapan informing tingkat manipulasi (manipulation). Saran dalam penelitian yaitu perlu ada penguatan dari pemerintah desa untuk menumbuhkan keinginan dan kemampuan masyarakat desa yang belum tergabung dalam kelompok masyarakat agar masyarakat ikut berpartisipasi dan berinovasi dalam pengelolaan sumber daya berbasis komunitas (Community Based Resource Management). Pemerintah desa dan pihak BUM Desa Tirta Mandiri perlu mengembangkan iklim yang transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan�kegiatan BUM Desa. Selain itu, pemerintah desa juga perlu lebih gencar menciptakan ruang-ruang informal yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang di hadapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BUM Desa, Community Development, Partisipasi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:26
Last Modified: 30 Dec 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34061

Actions (login required)

View Item View Item