PERAN DINAS PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENANGGULANGI KEBAKARAN DI PERMUKIMAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN PENJARINGAN, JAKARTA UTARA)


Aziz Darmanto , 3312415046 (2019) PERAN DINAS PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENANGGULANGI KEBAKARAN DI PERMUKIMAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN PENJARINGAN, JAKARTA UTARA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312415046maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebakaran merupakan permasalahan pada masyarakat perkotaan. Pada kondisi kota besar yang memiliki kepadatan penduduk tinggi seperti Jakarta, maka kebakaran menjadi bahaya yang dapat terjadi setiap saat. Salah satu kawasan di Jakarta yang rawan terhadap kebakaran adalah Kelurahan Penjaringan. Kepadatan penduduk yang tinggi serta kondisi permukiman padat hunian berdampak pada potensi kebakaran yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan peran pemerintah daerah dalam menanggulangi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Peran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi kebakaran di permukiman yang terdapat di Kelurahan Penjaringan, dan 2) Mengetahui faktor-faktor penghambat Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi kebakaran di permukiman yang terdapat di Kelurahan Penjaringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi kebakaran di Kelurahan Penjaringan berdasarkan pada tugas pokok yang meliputi aspek pencegahan, pemadaman, dan penyelamatan. Peran-peran tersebut dilakukan dengan prioritas program yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pencegahan dan pemadaman serta menyediakan sarana prasarana penanggulangan kebakaran di lingkungan masyarakat. Program�program tersebut antara lain Gerikgastrik, sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran, dan pembentukan SKKL serta penyediaan APAR kepada masyarakat dan membangun dua pos pemadam kebakaran untuk mempercepat pemadaman. 2) Hambatan dalam melaksanakan peran penanggulangan kebakaran di Kelurahan Penjaringan yakni jumlah petugas penanggulangan kebakaran per regu yang belum mencapai jumlah ideal di tiap pos, kesadaran masyarakat dalam mencegah kebakaran yang masih kurang, dan kondisi permukiman yang padat dan sumber air yang minim. Saran yang diberikan penulis antara lain: 1) Mendorong keterlibatan aktif semua unsur masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran; 2) Perlu mengidealkan jumlah petugas di setiap pos pemadam; dan 3) meningkatkan sarana pemadam yang dapat menjangkau permukiman padat seperti hidran mandiri di titik yang rawan kebakaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Penanggulangan Kebakaran, Permukiman Masyarakat
Subjects: J Political Science > Government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:21
Last Modified: 30 Dec 2019 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item