PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DAN METODE PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS PADA MATERI HIDROSFER DI SMA NUSAPUTERA KOTA SEMARANG


Geneza , 3201413122 (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DAN METODE PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS PADA MATERI HIDROSFER DI SMA NUSAPUTERA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413122maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, pembelajaran di SMA Nusaputera masih banyak memanfaatkan pembelajaran di dalam kelas yang mengakibatkan timbulnya rasa bosan, mengantuk, dan tidak konsentrasi. Sehingga diperlukan adanya inovasi pembelajaran luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pembelajaran dengan memanfaatkan Kali Garang sebagai sumber belajar Geografi dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada materi hidrosfer dengan memanfaatkan Kali Garang sebagai sumber belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan bentuk Post-test-only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Nusa Putera, Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan teknik populasi atau studi sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dan uji peningkatan rata-rata pemahaman konsep. Sedangkan untuk analisis hasil belajar afektif dan psikomotorik menggunakan analisis dekskriptif persentase. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Kali Garang sebagai sumber belajar berada pada kriteria sangat baik.Perbandingan hasil metode pembelajaran outdoor study(kelas eksperimen) dan metode pembelajaran di dalam kelas(kelas kontrol) dari ketiga ranah yang mana dari ketiga ranah tersebut yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Ranah kognitif siswa pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 63,00 kemudian untuk kelas eksperimendiperoleh rata-rata 80,00. Sedangkan hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh t hitung = 8,12 dan t tabel = 2,00 dengan dk = (32 − 1) = 31 dan α = 5%, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen atau hasil outdoor study lebih besar dibandingkan dengan hasil pembelajaran di dalam kelas. Ada pun hasil belajar ranah afektif kelas kontrol diperoleh hasil 57,8 dengan kriteria cukup baik dibandingkan dengan perolehan afektif kelas eksperimen yaitu 82,1 dengan kategori baik. Hasil belajar ranah psikomotorik kelas kontrol diperoleh 59,4 dengan kriteria cukup baik baik, dibandingkan dengan perolehan psikomotorik kelas eksperimen yaitu 88,2 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan Kali Garang sebagai sumber belajar geografi pokok bahasan hidrosfer berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik lebih baik di bandingkan dengan pembelajaran di dalam kelas, dibuktikan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sumber Belajar, Geografi, Hasil Belajar.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:16
Last Modified: 30 Dec 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34055

Actions (login required)

View Item View Item