STRATEGI DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH


Rahmad Ali Ichsan, 3312414068 (2019) STRATEGI DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301414068maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi dalam pengembangan kepariwisataan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam menjalankan kinerja yang baik. Suksesnya pengembangan kepariwisatan dapat berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Rumusan Penelitian ini adalah: Bagaimanakah Strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dalam pengembangan Pariwisata untuk mendukung peningkatan PAD. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dalam kinerja pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Semarang berpedoman pada Rencana Kerja (RENJA) yang merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang�Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang pihak Dinas Pariwisata mempromosikan objek wisata dengan mengadakan berbagai event yang diadakan di Candi Gedong Songo, dan juga mengenalkan objek wisata lainya melalui website www.kabsemarangtourism.com. Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang melakukan pengembangan pariwisatanya dengang memprioritaskan pada objek wisata Candi Gedong Songo karena memiliki potensi yang baik dalam kontribusi pemasukan khas daerah. Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Semarang dari sektor pariwisata menjadi industri bagi pemerintah. Candi Gedong Songo menjadi objek wisata yang menyumbang paling besar dibandingan dengan objek wisata lainnya. Saran yang diajukan penelliti adalah sebagai berikut: Kepada pengelola pariwisata perlu adanya peningkatan sumber daya alam (SDM). Kepada pihak Dinas Pariwisata perlu ditingkatkan lagi promosi kepariwisataan. Kepada Pemerintah perlu adanya kebijakan/aturan yang mendukung kepariwisataan agar dapat berkembang lebih baik kedepannya, dan kepada Dinas Pariwisata perlu adanya kinerja yang nyata sesuai laporan dan dilapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Kepariwisataan, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:50
Last Modified: 30 Dec 2019 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34044

Actions (login required)

View Item View Item