EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INTERPRETASI CITRA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI


Isnaini Rahmatia Irnawati , 3201413052 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INTERPRETASI CITRA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413052maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Temanggung menggunakan model pembelajaran berupa ceramah dimana siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, mencatat penjelasan yang penting, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut memunculkan permasalahan dimana siswa merasa kesulitan memahami materi geografi yang dianggap terlalu banyak teori dan penyampaiannya menjenuhkan. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat atau mengulang-ulang oleh guru berpengaruh pada hasil belajar peserta didik menjadi rendah dan kurang optimal terutama pada materi yang bersifat terapan seperti materi interpretasi citra. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui implementasi model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada materi interpretasi citra di kelas X IPS SMA Negeri 1 Temanggung tahun ajaran 2018/2019, (2) Mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran yang meliputi : kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning dan Problem Based Learning pada materi interpretasi citra di kelas X IPS SMA Negeri 1 Temanggung tahun ajaran 2018/2019, (3) Mengetahui ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada materi interpretasi citra dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning di kelas X IPS SMA Negeri 1 Temanggung tahun ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA N 1 Temanggung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling sehingga ditentukan sample penelitian sejumlah 64 siswa dari kelas X IPS 2 dan X IPS 3. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, tes, serta angket dan kuesioner. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif persentase dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Implementasi model pembelajaran baik model Project Based Learning maupun Problem Based Learning sudah sesuai dengan tujuan dan rancangan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. (2) Model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif dan sesuai digunakan dalam pembelajaran materi interpretasi citra dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan 4 indikator efektivitas pembelajaran (3) Ketuntasan Klasikal dapat dicapai oleh kelas yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan tidak dapat dicapai kelas yang menggunakan model Problem Based Learning. Saran, (1) Model pembelajaran Project Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran materi interpretasi citra. (2) Pembelajaran dengan model Project Based Learning perlu memperhatikan managemen waktu yang baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. (3) Guru perlu mempersiapkan peralatan dan media pembelajaran secara matang sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Problem Based Learning, Interpretasi Citra.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:45
Last Modified: 30 Dec 2019 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item