PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (P2TP2A) MUTIARA KLATEN DALAM PENANGANAN KASUS ANAK BERHADAPAN HUKUM DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016


Muhammad Ady Prayitno , 3312413022 (2019) PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (P2TP2A) MUTIARA KLATEN DALAM PENANGANAN KASUS ANAK BERHADAPAN HUKUM DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312413022maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan cikal bakal pemuda calon generasi bangsa yang akan melanjutkan estafet keberlangsungan dan perjuangan sebuah bangsa dari para pendahulu sebelumnya. Berangkat dari hal tersebut menjadi sebuah urgensi bagi sebuah negara untuk menjamin pertumbuhannya baik secara fisik, mental dan sosial termasuk melindungi apabila seketika anak harus berhadapan dengan hukum. Mengingat kompleksitas aspek yang dibutuhkan oleh Anak Berhadapan Hukum, dibentuklah P2TP2A Mutiara Klaten berdasar keputusan Bupati Nomor 463/871/2013, obyek dari penelitian ini adalah peran dari P2TP2A Mutiara Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran P2TP2A Mutiara Klaten dalam melakukan upaya upaya represif/upaya yang dilakukan ketika anak terlanjur berhadapan hukum bersama SKPD-SKPD terkait. Metode Penelitian yang dihgunakan adalah metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian adalah peran P2TP2A Mutiara yang merupakan organisasi kerjasama lintas sektoral dari sejumlah SKPD terkait. Sumber data di peroleh dari wawancara dan dokumentasi. Keabsahaan data diuji dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan interkatif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukan (1) Peran P2TP2A Mutiara Klaten yakni memberikan pelayanan-pelayanan yang dibutuhkan berupa layanan pengaduan, layanan kesehatan / medis, layanan rehabilitasi sosial, layanan penegakan dan bantuan hukum serta layanan pemulangan dan reintegrasi sosial (2) Hambatan�hambatan yang ditemui dalam menjalankan perannya tersebut yakni komunikasi, anggaran, sarana prasarana, kepekaan masyarakat serta kesibukan individu dimasing-masing institusi. Saran yang diberikan penulis adalah (1) P2TP2A Mutiara Klaten supaya dapat meningkatan pelayanan serta tetap berkomitmen, selalu bersinergi, menjaga soliditas penanganan dengan tetap mengedepankan kepentingan terbaik untuk anak selain itu juga harus mengoptimalkan aspek pencegahan dan meningkatkan awarness masyarakat agar bersama melihat ABH dengan sudut pandang yang lebih humanis (2) Pemerintah Kabupaten untuk segera memberikan fasilitas berupa LP Khusus Anak tersendiri sehingga tak perlu merelokasi anak untuk ditempatkan ke LP luar kota ataupun LP orang dewasa karena sangat rentan terpapar dan terpengaruh hal-hal negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, P2TP2A Mutiara Klaten, Anak Berhadapan Hukum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:29
Last Modified: 30 Dec 2019 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34038

Actions (login required)

View Item View Item