STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI KABUPATEN DEMAK MENJADI PUSAT DESTINASI WISATA RELIGI


Amin Triyanto , 3312412079 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI KABUPATEN DEMAK MENJADI PUSAT DESTINASI WISATA RELIGI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312412079maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wisata religi merupakan salah satu sektor pendapatan daerah terbesar di Kabupaten Demak, perlu upaya strategis untuk pengembangan agar dapat menarik lebih banyak wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pengembangan wisata religi Kabupaten Demak dengan cara mengidentifikasi komponen pengembangan pariwisata religi menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran model sequental explanatory, data responden diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu cara pengambilan berdasarkan kebetulan. Penelitian ini mengambil 40 sampel responden yang merupakan wisatawan atau peziarah obyek wisata religi di Kabupaten Demak. Hasil dari pengisian angket dari responden kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif persentase. komponen yang telah dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase selajutnya diolah ke dalam tabel IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), masing-masing dari kedua faktor tersebut akan diberikan penilaian bobot dan ratingnya oleh profesional judgedmen untuk menghasilkan skor. Hasil skor IFAS adalah 1,15 dan skor EFAS 0,9. Hasil dari penelitian yaitu penilaian terhadap obyek dan daya tarik wisata baik, penilaian pengelolaan rata-rata adalah baik, komponen sarana prasarana baik dan kondisi masyarakat adalah baik. Berdasarkan identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang telah di analisis didapatkan hasil yang tertuang dalam tabel matrik SWOT yakni strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WO. Kesimpulan yang diperoleh dari potensi dan komponen wisata yang ada dikategorikan cukup baik. Strategi yang mendesak untuk segera dilaksanakan adalah strategi jangka pendek yang diperoleh dengan cara meningkatkan kekuatan dan mengoptimalkan peluang yakni dengan memanfaatkan landmark sebagai icon wisata, menambah variasi obyek wisata religi, mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam promosi, bekerjasama dengan agen-agen perjalanan, melengkapi sarana prasarana serta membuat aplikasi mobile official khusus wisata religi Kabupaten Demak. Saran dalam penelitian ini adalah wisata religi Kabupaten Demak harus meningkatkan kualitas komponen pariwisata yang dimilikinya dan membuat sebuah rencana pengembangan yang jelas sehingga dapat menarik dan mengkatkan kunjungan wisatawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Wisata religi, Analisis SWOT.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:24
Last Modified: 30 Dec 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item