KEPUASAN MASYARAKAT DESA PADA PELAYANAN ADMINISTRATIF DI DESA BAKALREJO KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG


Mita Cahya Nugrahani , 3312412063 (2019) KEPUASAN MASYARAKAT DESA PADA PELAYANAN ADMINISTRATIF DI DESA BAKALREJO KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312412063maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi adalah memberikan pelayanan yang baik kepada unit-unit kegiatan didalam organisasi maupun kepada pihak diluar organisasi. Aktivitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap pencapaian mutu dan kelancaran kegiatan organisasi serta berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administratif di Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan masyarakat desa pada pelayanan administratif di Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, lokasi dalam penelitian ini di Kantor Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Data primer penelitian ini berupa hasil pengisian angket maupun wawancara kepada masyarakat yang melakukan pelayanan administratif di Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Data sekunder berupa laporan-laporan, buku-buku, atau catatan�catatan yang berkaitan erat dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi. Hasil dari 14 indikator pelayanan yang diteliti hasil konversi perhitungan dari seluruh indikator adalah 3,14 . Hal ini dibuktikan dari 14 indikator yang diukur secara keseluruhan memiliki kategori puas, diamana tingkat kepuasan paling rendah pada indikator keadilan mendapatkan pelayanan dan kepastian biaya pelayanan dengan pencapaian presentase 73,66%, namun masih termasuk dalam kategori puas. Sedangkan indikator yang paling tinggi adalah pada indikator prosedur pelayanan dengan pencapaian presentase tertinggi 84,5% termasuk dalam kategori sangat puas. Hal ini memberikan gambaran bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak Kantor Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang termasuk dalam kategori baik dengan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan administratif, Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:18
Last Modified: 30 Dec 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item