Keefektifan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Sikap Prososial Bagi Siswa Kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006.


Cipto Suwarno, 1301401004 (2005) Keefektifan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Sikap Prososial Bagi Siswa Kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Sikap Prososial Bagi Siswa Kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Keefektifan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Sikap Prososial Bagi Siswa Kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena yang ada di lapangan, bahwa adanya penurunan sikap prososial yang dimiliki oleh para pelajar sekarang, khususnya siswa kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan sikap prososial bagi siswa kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006. pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis. Dengan instrumen skala sikap sebanyak 108 butir item setelah diujicobakan menjadi 56 butir item yang digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dari perhitungan diperoleh diskripsi sikap prososial siswa sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok memiliki skor rata-rata 3,26. Sedangkan diskripsi sikap prososial siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok memiliki skor rata-rata 3,80. Untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan sikap prososial bagi siswa dilakukan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai hitung Z sebesar 4,372, setelah dikonsultasikan dengan nilai tabhel Z pada taraf signifikansi 5% dan N= 25 didapat tabhel Z sebesar 1,96. dengan demikian nilai hitung Z = 4,372 > tabhel Z = 1,96. Harga ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam menumbuhkan sikap prososial bagi siswa kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam menumbuhkan sikap prososial bagi siswa kelas VIII SMP N I Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2005/2006. keefektifan tersebut mengarahkan rekomendasi hasil penelitian ini agar guru pembimbing mampu menumbuhkan sikap prososial bagi siswa dalam aktifitasnya sehari-hari melalui layananlayanan yang ada pada kegiatan bimbingan konseling disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 01:25
Last Modified: 16 Aug 2011 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item