IMPELEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2009 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PASAR TRADISIONAL OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI PATI


AMIRATUS SAADAH , 3312412043 (2019) IMPELEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2009 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PASAR TRADISIONAL OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3312412043maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Retribusi daerah mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pelaksanaan otonomi daerah dan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil dari pungutan retribusi tersebut akan digunakan untuk kelangsungan kehidupan pemerintahan daerah yang bersangkutan, terutama untuk mendanai kegiatan�kegiatan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat. Salah satu jenis retribusi yang diselenggarakan di Kabupaten Pati adalah retribusi pelayanan pasar, yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati Nomor 09 tahun 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di empat Pasar Tradisional yaitu Pasar Puri Baru, Pasar Sleko1, Pasar Rogowongso, dan Pasar Buah Pujasera Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Wawancara mendalam dengan Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, Petugas Retribusi Pelayanna Pasar, Pedagang Pasar di Pasar Puri Baru, Pasar Sleko 1, Pasar Rogowongso, dan Pasar Buah Pujasera. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sudah tercapai target retribusi pelayanan pasar di Pasar Puri Baru, Pasar Sleko 1, Pasar Rogowongso, dan Pasar Buah Pujasera. Faktor kendala pemungutan retribusi pasar yang ditemukan dalam penelitian ini adalah dari kurangnya kesadaran pedagang dalam membayar retribusi, kendala bencana alam yang dialamai Pasar Sleko 1. Faktor pendukung dalam pemungutan retribusi terdapat dalam aspek petugas. Upaya yang dilakukan untuk menangani masalah-masalah tersebut hanya memberikan teguran, upaya petugas dalam pemungutan retribusi pasar kepada pedagang tersebut untuk menaati peraturan untuk membayar retribusi dan memberikan himbauan untuk meningkatkan kesadaran bahwa membayar retribusi itu sebuah kewajiban, melakukan sosialisasi peraturan kepada pedagang dan melakukan penertiban. Saran bagi pedagang, hendaknya selalu meningkatkan kesadaran untuk membayar retribusi pelayanan pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Pelayanan Pasar
Subjects: J Political Science > Government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 20:38
Last Modified: 26 Dec 2019 20:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item View Item