PENGGUNAAN CREATIVE FUNNY COMIC GEOGRAPHY (CFCG) SEBAGAI MEDIA MITIGASI BENCANA GUNUNGAPI PADA ANAK USIA SMP DESA BATURSARI KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG


Silviana Ayuningtias , 3201413020 (2019) PENGGUNAAN CREATIVE FUNNY COMIC GEOGRAPHY (CFCG) SEBAGAI MEDIA MITIGASI BENCANA GUNUNGAPI PADA ANAK USIA SMP DESA BATURSARI KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413020maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Batursari merupakan salah satu desa terdekat dengan puncak Gunung Slamet, berjarak ± 4,5 km dari puncak dan masuk dalam kawasan rawan bencana zona 2 (KRB 2). Lemahnya pemahaman masyarakat tentang bencana dan mitigasinya disebabkan karena pesan yang disampaikan oleh media yang ada tidak sampai atau tidak mudah dipahami. Pemanfaatan media Creative Funny Comic Geography (CFCG) dalam proses keberhasilan pendidikan kebencanaan yang melibatkan masyarakat dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1)Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai mitigasi bencana, (2)Mengetahui kelayakan media CFCG sebagai sumber pembelajaran mitigasi bencana, (3)Mengetahui efektivitas media CFCG dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gunungapi di Desa Batursari Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen, desain penelitian menggunakan pre-experimental design dengan pola one-group pre-test-post-test design. Penelitian ini mempunyai subyek penelitian anak usia SMP di Desa Batursari berjumlah 40 orang. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan lokasi sampel dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini: (1)Pengetahuan masyarakat mengenai tindakan mitigasi sebelum terjadi bencana (pra bencana), saat terjadinya bencana, dan setelah terjadinya bencana (pasca bencana), (2)Validasi kelayakan media CFCG oleh para pakar, (3)Keefektifan media CFCG mitigasi bencana Gunungapi Slamet, (4)Tanggapan masyarakat terhadap pembelajaran menggunakan media CFCG. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat mengenai mitigasi pra bencana 49,72% (kategori rendah), saat terjadi bencana 62,92% (kategori tinggi), dan pasca bencana 56,50% (kategori tinggi). Hasil ratarata kelayakan uji validitas media CFCG dari para ahli sebesar 87,49% yang berarti media CFCG ini dikategorikan sangat baik, respon masyarakat terhadap media CFCG sebesar 92,33% yang berarti menunjukan respon positif dari masyarakat dengan kategori sangat tinggi, dan efektivitas penggunaan media CFCG sebesar 0,573 dengan demikian penggunaan media CFCG ini dikategorikan efektif digunakan bagi anak usia SMP di Desa Batursari. Saran, Pemerintah desa maupun pusat perlu memberikan pelatihan atau simulasi mitigasi bencana gunungapi dan perlu adanya pembentukan organisasi Desa Tanggap Bencana Gunung Slamet serta menjadikan Desa Batursari menjadi desa tanggap bencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Creative Fuuny Comic Geography, Mitigasi Bencana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 20:36
Last Modified: 26 Dec 2019 20:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34022

Actions (login required)

View Item View Item