PERANAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PELAKSANAAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA SAMPANG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA


Ermina Miranti , 3301412165 (2019) PERANAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PELAKSANAAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA SAMPANG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412165maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dusun Jemblung, Desa Sampang Kecamatan Karangkobar merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara. Longsor yang terjadi menimbun seluruh dusun Jemblung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan mitigasi pada masyarakat Desa Sampang, mengetahui pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana longsor pada masyarakat Desa Sampang dan mengetahui peranan BPBD dalam melaksanakan pendidikan mitigasi bencana longsor di Desa Sampang Kabuapten Banjarnegara. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Desa Sampang dengan jumlah 703 KK. Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin, dengan hasil 88 KK. Variabel penelitian ini ialah tingkat pengetahuan masyarakat tehadap mitigasi bencana tanah longsor, pelaksanaan pendidikan mitigasi pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor dan peranan BPBD Kabupaten Banjarnegara dalam pelakasanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor. Analisis data yang digunakan ialah deskrptif presentase dan regresi linier berganda. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian ialah pada masyarakat dusun Jemblung memiliki tingkat pengetahuan mitigasi bencana longsor cukup baik 71 dari 88 responden mampu menjelaskan dampak yang diakibatkan oleh bencana tanah longsor serta cara mitigasinya. Tingkat pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana longsor cukup baik didominasi pemahaman masyarakat mengenai sosialisasi pedoman atau prosedur mitigasi bencana longsor pada masyarakat dengan jumlah 49 dari 88 responden memberikan jawaban cukup baik. Peranan BPBD Kabupaten Banjarnegara memiliki hasil yang cukup baik dengan presentase 58,3% yang bernilai positif. Dengan begitu tingkat pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana serta pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor memiliki pengaruh yang saling berhubungan atau baik satu sama lain terhadap peranan BPBD Kabupaten Banjarnegara dalam pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor. Kesimpulan pada penelitian ini, ialah tingkat pengetahuan bencana masyarakat serta pelaksanaan pendidikan mitigasi masyarakat Desa Sampang memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap peranan BPBD Kabupaten Banjarnegara dalam melaksanakan mitigasi bencana longsor. Saran pada penelitian ini ialah diharapkan adanya peningkatan peranan BPBD berupa sosialisasi serta simulasi mitigasi bencana agar masyarakat lebih memahami mitigasi bencana serta masyarakat yang diharapkan lebih aktif dalam keikutsertaannya apabila diadakan sosialisasi mengenai bencana di wilayahnya baik dari pemerintah setempat maupun instant terkait lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan BPBD, Tingkat Pengetahuan, Pelaksanaan, Mitigasi Bencana Longsor
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 20:01
Last Modified: 26 Dec 2019 20:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34014

Actions (login required)

View Item View Item