DISASTER BOOK ANGIN PUTING BELIUNG SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SD N NUSAJATI 3 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP


Steffy Yunita Sabrini , 3201412129 (2019) DISASTER BOOK ANGIN PUTING BELIUNG SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SD N NUSAJATI 3 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412129maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap menjadi salah satu lokasi rawan bencana puting beliung sehingga dengan upaya mitigasi bencana di SD Negeri Nusajati 3 diharapkan siswa lebih siap dan tanggap terhadap kejadian puting beliung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan disaster angin puting beliung sebagai upaya mitigasi bencana dan peningkatan pengetahuan mitigasi bencana puting beliung dengan pembelajaran menggunakan disaster di SD Negeri Nusajati 3 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one-group pre-test-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SD Negeri Nusajati 3 Kecamatan Sampang sebanyak 25 siswa yang diambil dengan total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Variabel yang diteliti yaitu proses pembelajaran menggunakan disaster Book dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes baik pre tes maupun post tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda pres tes dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran menggunakan sumber belajar siswa berupa disaster puting beliung pada siswa kelas 3 SD Negeri 3 Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap dilakukan dalam 3 kali pertemuan dengan tahapan yang sama yaitu kegiatan awal, inti dan penutup dan 1 kali evaluasi preetest (sebelum pembelajaran) dan posttest (setelah pembelajaran). Dari hasil pembelajaran disaster Book sudah optimal karena nilai hasil belajar siswa sudah memenuhi batas ketuntasan 75%. (2) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana puting beliung sebelum dan sesudah menggunakan disaster Book pada siswa. Perbedaan rata-ratanya yaitu sebesar 14,18, dengan rata-rata hasil belajar sebelum penerapan disaster Book adalah 9,84 sedangkan hasil belajar setelah menerapkan disaster book adalah 18,52. Kesimpulan penelitian disaster book dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam upaya mitigasi bencana angin puting beliung. Saran yang diajukan yaitu Kepala Sekolah dapat memberikan pengarahan kepada semua guru agar menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan menghindarkan dari kebosanan yang siswa rasakan. Selain itu, guru kelas perlu menggunakan sumber belajar siswa semacam disaster book pada materimateri lain sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disaster Book, Puting Beliung, Mitigasi Bencana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 19:49
Last Modified: 26 Dec 2019 19:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item