Persepsi Orang Tua Murid tentang Kelompok Bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang Tahun 2004


Suwarningsih,, 1214990029 (2005) Persepsi Orang Tua Murid tentang Kelompok Bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang Tahun 2004. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Orang Tua Murid tentang Kelompok Bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang Tahun 2004]
Preview
PDF (Persepsi Orang Tua Murid tentang Kelompok Bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang Tahun 2004) - Published Version
Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi orang tua murid tentang kelompok bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Penelitian ini memiliki permasalahan pokok yaitu bagaimana persepsi orang tua murid tentang kelompok bermain AL Madina Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua murid tentang kelompok bermain AL Madina Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Disamping tujuan sebagaimana tersebut diatas, penelitian ini mempunyai manfaat : 1) manfaat praktis yaitu sebagai bahan informasi bagi lembaga penyelenggara guna pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan kelompok bermain, 2) manfaat teoritis yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah referensi bagi peneliti dan lembaga penyelenggara kelompok bermain. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua murid kelompok bermain AL Madina. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 30 responden yang terdiri dari orang tua murid. Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel adalah persepsi orang tua murid tentang kelompok bermain dengan sub variabel terdiri dari 5 aspek yang antara lain terdiri dari tenaga pendidik, suasana belajar, sarana prasarana, kegiatan belajar dan proses pembelajaran. Tehnik pengumpulan data meliputi metode angket dan metode dokumentasi. Pada analisis data, tehnik yang digunakan adalah tehnik deskriptif persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa persepsi orang tua murid tentang Kelompok Bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang meliputi 5 aspek yaitu aspek tenaga pendidik termasuk dalam kategori cukup dengan persentase yang diperoleh adalah 50%, untuk aspek suasana belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase yang diperoleh adalah 63,3%, untuk aspek sarana prasarana termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase yang diperoleh 46,7%, untuk kegiatan belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase 43,3%, untuk proses pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan persentase yang diperoleh adalah 50%. Simpulan dijelaskan bahwa persepsi orang tua murid tentang kelompok bermain “AL Madina” Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang meliputi 5 aspek yaitu aspek tenaga pendidik termasuk dalam kategori cukup dengan persentase yang diperoleh adalah 50%, untuk aspek suasana belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase yang diperoleh adalah 63,3%, untuk aspek sarana prasarana termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase yang diperoleh 46,7%, untuk kegiatan belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase 43,3%, untuk proses pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan persentase yang diperoleh adalah 50%. Saran antara lain, yayasan hendaknya lebih meningkatkan fasilitas sebagai sarana penunjang dalam proses belajar mengajar, guru sebaiknya mampu meningkatkan kualitas dalam mengajar dan mendidik siswa, guru juga bisa membuktikan kepada masyarakat (khususnya orang tua) bahwa kelompok bermain sebagai sarana pendidikan usia dini yang memiliki banyak manfaat dalam membantu meningkatkan perkembangan, sikap anak, pengetahuan dan keterampilan serta daya cipta yang sesuai dengan lingkungan sehingga orang tua percaya terhadap keberadaan kelompok bermain tersebut, orang tua disarankan bisa membantu dan mengarahkan agar anak dapat belajar lebih baik dan membantu anak dalam proses sosialisasi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 01:16
Last Modified: 16 Aug 2011 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item