SEJARAH MAKANAN ENTING-ENTING GEPUK CAP KLENTENG DAN 2 HOLO DI KELURAHAN KALICACING KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 1970-2009


Agung Diswantoro Ragil , 3111414037 (2019) SEJARAH MAKANAN ENTING-ENTING GEPUK CAP KLENTENG DAN 2 HOLO DI KELURAHAN KALICACING KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 1970-2009. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3111414037maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (852kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Industri Enting-enting yang di pelopori oleh Khoe Tjong Hok memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat Kalicacing. Peranan pengusaha Enting-enting dalam meningkatkan kesejahteraan sosial sangatlah besar. Di dalam praktiknya, Enting-enting Gepuk cap Klenteng dan 2 Holo menciptakan hubungan timbal balik antara pengusaha Industri dengan pekerja untuk tercapainya taraf kesejahteraan sosial dan ekonomi yang memuaskan. Tercapainya kesejahteraan berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi Kelurahan setempat. Permasalahan dalam karya ini ialah: (1) Bagaimana Latar Belakang munculnya makanan Enting-enting Gepuk di Kecamatan Sidomukti; (2) Bagaimana Dampak Sosial Ekonomi Enting-enting gepuk tersebut bagi masyarakat Kelurahan Kalicacing Kecamatan Sidomukti. Metode yang digunakan adalah metode historis yang melalui empat tahap, yakni heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Industri Enting-enting Gepuk cap Klenteng dan 2 Holo dibentuk untuk membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat setempat dan alternatif lain karena bekerja menjadi petani dirasa belum mencukupi untuk kebutuhan keluarga, Pengaruh dari pembentukan industri Enting-enting secara sosial yakni menekan tingkat pengangguran dan menghambat laju urbanisasi. Secara ekonomi, Bertambahnya pendapatan sangat dirasakan oleh tenaga kerja industri enting-enting dalam memenuhi kebutuhan sehari- hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Industri, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:09
Last Modified: 27 Dec 2019 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item View Item